1 KKB Dilumpuhkan TNI, Dua Lainnya Ditangkap Pangkogabwilhan III: Mereka Pelaku Penembakan Pesawat Wings Air di Yahukimo

Antar Papua
Tampak dua KKB saat diamankan TNI setelah berupaya melarikan diri, Kamis (22/2/2024). (Foto: Humas Kogabwilhan III for Antarpapua.com.)

Timika, Antarpapua.com – Satgas TNI menembak mati satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan menangkap dua orang di Wilayah Yahukimo, Papua Pegunungan, Kamis (22/2/2024).

Upaya hukum dilakukan TNI ini pasca anggota KKB melakukan penembakan terhadap pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliath Dekai Yahukimo.

Upaya melumpuhkan anggota KKB ini akhirnya terjawab, dengan dilakukannya pengejaran dan peningkatan kewaspadaan.

“Upaya TNI telah berhasil menembak mati satu orang KKB dan menangkap dua orang lainnya,” ungkap Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Richard T.H Tampubolon kepada Antarpapua.com.

Letjen TNI Richard menyebut,
Satgas Marinir dipimpin Mayor Mar Harionon dan jajarannya melakukan pemantauan dan pengejaran terhadap KKB, pasca mereka melakukan penembakan terhadap pesawat Wings Air.

Baca Juga |  Percobaan Pembunuhan Menggunakan Senjata Api di Yahukimo, Tiga Orang Diamankan Polisi

“Sekali lagi kami lumpuhkan satu orang dan dua orang ditangkap saat hendak melarikan diri,” ujar Letjen TNI Richard.

Ia menyebut, KKB berjumlah 10 orang dengan satu pucuk senjata terlihat sedang lewat, dan langsung terjadi kontak tembak. Mereka berhamburan lari menyelamatkan diri termasuk senjatanya.

“Kita akan terus lakukan pengejaran untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan khususnya keamanan saat operasional penerbangan di areal bandara,” tambahnya.

Sementara Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan, selain di Yahukimo kontak tembak juga terjadi di Distrik Paro, Kabupaten Nduga pada, Kamis (22/2/2024) sekitar pukul 11:00 WIT antara KKB dengan Satgas Yonif 411/PDW.

Baca Juga |  KKB Bakar Gedung Sekolah dan Aniaya Warga Sipil di Intan Jaya

“Iya di tempat berbeda di Paro Nduga juga terjadi kontak tembak antara personel Satgas Yonif 411/PDW dan KKB berjumlah 5 orang. Informasi 1 KKB terkena tembakan, namun berhasil ditarik dan dibawa lari oleh KKB lainnya,” tambah Kapen Kogabwilhan III.

(Penulis : Acel | Editor : Sianturi)