Aktifasi IKD Tertinggi Kabupaten di Wilayah Timur Indonesia, Dukcapil Mimika Raih Penghargaan dari Kemendagri

  • Bagikan
Kadis Dukcapil Mimika, Slamet Sutejo, menerima piagam pengharagaan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Prof Prof Muhammad Tito Karnavian, Rakornas Tahun 2024 Dukcapil Se-lndonesia yang dilaksanakan Selasa (27/2/2024)- Kamis (29/2/2023) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Istimewa for Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri-RI) dalam kategori Aktifasi ldentitas Kependudukan Digital (IKD) tertinggi untuk kabupaten di Wilayah Timur lndonesia, pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2024 Dukcapil Se-lndonesia yang dilaksanakan Selasa (27/2/2024) sampai Kamis (29/2/2023) di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri ), Prof Muhammad Tito Karnavian, dan didampingi Dirjen Dukcapil.

Penghargaan ini merupakan kedua kalinya diterima oleh Dukcapil Mimika, karena di tahun 2022 Dukcapil Mimika juga meraih penghargaan kategori Dukcapil BISA di Tanah Papua.

Rakornas ini dihadiri 1.200 lebih peserta secara luring dari jajaran Dukcapil Pusat, Dukcapil Provinsi, Dukcapil Kabupaten Kota, serta 1.500 lebih secara during. Rakornas dibuka secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Rl Prof. Muhammad Tito Karnavian, PhD.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) Mimika, Slamet Sutejo dalam rilisnya, menyampaikan terima kasih banyak kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri, serta apresiasi yang tinggi kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Mimika yang terus memberikan arahan, dukungan, kebijakan strategis dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya Adminduk kepada masyarakat Mimika.

Baca Juga |  Pelayanan E-KTP di Wilayah Pesisir dan Pendalaman, Kadis Dukcapil : Sudah Selesai Semua

Slamet mengatakan penghargaan tersebut didedikasikan untuk masyarakat Mimika, atas partisipasi aktif masyarakat Mimika selama ini dalam mendukung program Gerakan lndonesia Sadar Adminduk ( GISA).

“Khususnya aktifasi lKD yang dalam pekan ini sudah mencapai 14.768 orang yang sudah memiliki dan aktifasi lKD-KTP Digital, dan akan terus meningkat kedepannya,”kata Slamet.

Dirinya mengajak seluruh jajaran Dukcapil Mimika, untuk tetap semangat dan terus berbenah, memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kinerja layanan kepada masyarakat.

“Dengan ketulusan, kinerja dan dedikasi yang tinggi, soliditas serta tidak berhenti berinovasi, maka pelayanan publik di Mimika akan terus meningkat dan semakin baik kedepannya,”kata Slamet.

Pada Rakornas tersebut Menteri Dalam Negeri, Prof Muhammad Tito Karnavian, mengatakan bahwa Rakornas sebagai bahan evaluasi kinerja Dukcapil dalam pelayanan publik, dan mendukung suksesnya Pemilu serentak 14 Februari 2024 yang lalu, serta Pilkada yg akan digelar pada November 2024.

Mendagri mengatakan Dukcapil harus terus mendorong kinerja layanan publik semakin baik, berinovasi dan hal-hal yang sudah baik seperti integritas, sistem dan kompetensi harus terus ditingkatkan.

Baca Juga |  10.869 Penduduk Mimika Sudah Aktivasi KTP Digital

“Akurasi dan validitas data kependudukan sangatlah penting, karena digunakan untuk perencanaan pembangunan, pelayanan publik, penyaluran bansos, sukseskan pemilu dan sebagainya,”kata Tito.

Ia mengatakan dengan mengangkat Tema
” Peran ldentitas Kependudukan Digital ( lKD) dalam mendukung percepatan transformasi digital untuk pelayanan publik” maka hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 Tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

“Perpres Percepatan Transformasi Digital tersebut menjadi fondasi penting, untuk meningkatkan layanan pemerintah dan mempercepat pembangunan nasional”, ujarnya.

(Penulis : Marsel Balawanga | Editor : Sianturi)

  • Bagikan