AMBM Segera Deklarasi Dukungan Calon Wakil Bupati Mimika Pada Pilkada 2024

Antar Papua
Foto bersama, Pengurus KKSS Mimika dengan Tim Aliansi Masyarakat Bugis Makassar Mimika, yang berlangsung di Sekretariat KKSS di Jalan Hasanudin, Timika, Kabupaten Mimika, Minggu (12/5/2024). (Foto: Anis/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Setelah mendapatkan restu dan dukungan dari Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) kabupaten Mimika, Aliansi Masyarakat Bugis Makassar (AMBM) Kabupaten Mimika dalam waktu dekat akan segera mendeklarasikan salah satu figur Bakal Calon (Bacalon) wakil Bupati yang akan didorong untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Mimika 27 November 2024 mendatang.

Dukungan dan restu ini disampaikan langsung oleh Syamsudin B selaku Ketua KKSS Kabupaten Mimika kepada Aliansi Masyarakat Bugis Makassar Mimika saat menggelar pertemuan tertutup yang digelar di Sekretariat KKSS Kabupaten Mimika di Jalan Irigasi Kelurahan Pasar Sentral, Timika kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Minggu (12/5/2024) malam.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim Aliansi Bugis Makassar, yang sudah menginisiatif dan merasa terpanggil untuk mendorong salah satu putra terbaik Bugis Makassar yang akan didorong maju sebagai Calon Wakil Bupati Mimika yang akan bertarung dalam Pilkada Mimika. Niat baik dari Tim Aliansi Bugis Makassar ini saya mendukung dan merestui dalam mencari figur 02 untuk maju dalam bursa Pilkada Mimika, saya percaya niat yang tulus dari tim ini untuk menentukan salah satu putra terbaik dari Bugis Makassar yang akan memimpin daerah ini,”tegas Syamsudin B.

Syamsudin B menambahkan, bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Tim Aliansi yang sudah bekerja sepenuh hati tanpa pamrih dalam menyeleksi putra-putri terbaik Bugis Makassar untuk disandingkan dengan bakal calon Bupati dalam Pilkada Mimika mendatang.

“Saya berharap tidak lagi ada dua atau tiga calon yang didorong sebagai Calon Wakil Bupati, cukup satu orang saja dan mari sama sama kita dorong dan mendukung. Kalau satu saja calon yang diputuskan oleh Aliansi Bugis Makassar maka saya yakin apa yang kita cita-citakan dapat terwujud. Bila kita kuat dan bersatu maka calon yang kita dorong pasti akan menang,”sebut Syamsudin B.

Ia menyebutkan, warga Bugis Makassar yang ada di kabupaten Mimika diperhitungkan dan menjadi pelajaran penting dimasa lalu, dengan memiliki figure putra-putri terbaik dengan segudang pengalaman dalam berbagai hal harus memunculkan satu figure dan bersatu untuk mendukungnya.

Baca Juga |  Pemilik Kios Tewas Dianiaya OTK, Warga KKSS Blokade Jalan

“Saatnya masyarakat Bugis Makassar di Kabupaten Mimika mengerucut untuk mendukung satu figur, dengan kekuatan persatuan ini akan mampu mewujudkan dan menempatkan putra terbaik Bugis Makassar sebagai Wakil Bupati Mimika periode 2024-2029. Siapa lagi yang akan membangkitkan Bugis Makassar kalua bukan kita semua,”katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Aliansi Masyarakat Bugis Makassar Mimika, H. Muhammad Ilham dihadapan Ketua dan Pengurus KKSS Mimika mengatakan, tim aliansi sudah bekerja secara maksimal untuk menjaring dan mendapatkan bakal calon Wakil Bupati yang akan kita dukung dalam Pilkada Mimika.

“Tim aliansi Bugis Makassar bukan merupakan organisasi tandingan KKSS atau Pilar, tapi Tim Aliansi berawal dari rasa kepedulian dan rasa terpanggil untuk mencari figur dari putra putri terbaik Bugis Makassar untuk kita dorong maju sebagai Wakil Bupati. Banyak kendala dan riak-riak yang kita hadapi dalam mencari dan menjaring Bakal Calon 02, namun kita tetap memaksimalkan datang ke seluruh tokoh-tokoh Bugis Makassar untuk meminta masukan, saran pendapat bahkan nasehat dalam rangka menjaring figure 02 yang akan kita dorong,”ungkap H. Muh Ilham.

Dikatakan H. Muh Ilham, Dari hasil penjaringan bakal calon Wakil Bupati dari putra putri terbaik Bugis Makassar telah mengerucut dari sekian banyak figure yang dimiliki Bugis Makassar, dan tim aliansi sudah merumuskan dan mengerucut satu calon yang akan didorong, namun saat ini belum bias disebutkan. Karena keputusan untuk mendeklarasikan figur 02 Bugis Makassar akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Dari belasan figur dan tokoh Bugis Makassar yang ada di Mimika, semuanya sudah didatangi dan dimintai pernyataan untuk didorong menjadi 02 Mimika. Dan akhirnya tim aliansi sudah mengerucut satu nama yang akan didorong dengan memiliki kemampuan dan kriteria yang telah memenuhi syarat. Diantaranya, syarat dan kriteria calon 02, yaitu berlatar belakang birokrasi, diterima diseluruh kalangan Bugis Makassar dan dikalangan Muslim, berafiliasi dengan adanya dukungan partai serta memiliki komitmen untuk bekerja dan mengabdi untuk daerah dan masyarakat Mimika,”ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu anggota Tim Aliansi Bugis Makassr Mimika lainya, Baharudin Temba, bahwa dari hasil kerja Tim Aliansi selama kurang lebih dua bulan ini, sudah mendapatkan figur yang pas untuk disandingkan dengan Calon Bupati dalam Pilkada Mimika mendatang.

Baca Juga |  Pererat Silaturahmi, KKSS Gelar Aerobic Cup 1

“Dari serangkaian pertemuan dan mendatangi para tokoh intelektual Bugis Makassar Timika, Tim Aliansi telah mendengarkan langsung kesiapan bakal calon yang akan kita dorong untuk Calon 02. Dan juga telah menerima saran, pendapat serta nasehat dari seluruh tokoh Bugis Makassar termasuk Ketua KKSS sebagai induk organisasi warga Bugis Makassar di Mimika, sudah mengerucut satu nama. Sehingga dalam waktu dekat kami Aliansi akan mendeklarasikan satu figure yang akan kita dorong maju untuk bergandeng dengan bakal calon Bupati,”katanya.

Menurutnya, sebelum Tim Aliansi mendeklarasikan Figur Calon Wakil Bupati dari Bugis Makassar akan duduk untuk merumuskan dari seluruh hasil kerja tim dan mempersiapkan waktu pelaksanaan deklarasi.

“Kita seluruh masyarakat Bugis Makassar sudah sepakat dan bulat untuk memberikan dukungan kepada figure yang akan kita dorong sebagai 02, Bugis Makassar tidak ada pilihan lain dan satu kata untuk mendukung calon kita. Sudah cukup pengalaman dimasa lalu, dengan ada beberapa calon yang maju dari Bugis Makassar suara Bugis Makassar pecah. Untuk kali ini kami sangat yakin bahwa figur yang kita dorong, akan didukung seratus persen seluruh masyarakat Bugis Makassar yang ada di kabupaten Mimika,”tegasnya.

Pertemuan antara Tim Aliansi Bugis Makassar dengan Pengurus KKSS Kabupaten Mimika yang berlangsung di Sekretariat KKSS di Jalan Hasanudin berlangsung penuh dengan kekeluargaan dan silaturahmi, KKSS selain Ketua SYamsudin B, juga Nampak hadir Wakil Ketua I, Arham, Wakil Sekretaris Sarkani dan SYamsudin Erlan serta beberapa pengurus. Sedangkan Tim Aliansi Bugis Makassar dihadiri lengkap Tim Aliansi dan juga sesepuh dan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Bugis Makassar. (Anis)