Anggota PPD dari 18 Distrik Resmi dilantik, Begini Pesan Komisioner KPU Mimika

  • Bagikan
Foto bersama Komisioner KPU Mimika, Forkopimda Kabupaten Mimika dan Anggota PPD dari 18 Distrik, Kamis (16/5/2024). (Foto: Anis/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah secara resmi melantik Anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dari 18 Distrik se-Kabupaten Mimika untuk membantu kelancaran jalannya pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Pelantikan yang berlangsung di Hotel Horison Diana Timika, Kamis (16/5/2024) di hadiri Forkopimda Kabupaten Mimika.

Ketua KPU Mimika Dete Abugau mengatakan pelantikan PPD berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 8 Tahun 2022. PPD/PPK memiliki peranan krusial suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). menjelang Pilkada 2024 mendatang.

Dijelaskan Dete Abugau, Untuk Mimika terdapat 18 Distrik, masing-masing Distrik ada 5 orang anggota PPD, terdiri dari 1 orang ketua merangkap anggota dan 4 orang anggota.

Ia berpesan agar semua pihak bisa menjaga komunikasi koordinasi agar bisa menghasilkan pemimpin kita yang lebih baik.

“Tadi kita sudah membaca pakta integritas juga mengikuti sumpah dan janji itu sudah kita harus pegang,” tegasnya.

Baca Juga |  KPU Mimika Mulai Distribusi Logistik ke Daerah Rawan

Dengan PPD yang sudah dilantik ia berharap bisa membantu KPU Kabupaten.

“Tidak boleh ada kepentingan luar, orang mau atur kita, itu tidak boleh, sudah janji, pendeta sudah doa. Pentingnya koordinasi, tidak paham berarti bisa bertanya ke bagian-bagian yang ada di KPU Kabupaten,”pesanya.

Sementara Koordinator Divisi (Koordiv) Data dan Informasi KPU Mimika Budiono, Budiono berpesan agar para PPD bisa menyiapkan mental.

“Kita ini lembaga hirarkis jadi apapun keputusan kalian tolong dikoordinasikan dengan koordinator wilayah,”pesannya.

Ia mengatakan jangan pernah mengambil keputusan sendiri.

“Jika mau mengambil keputusan maka harus sesuai dengan aturan undang-undang. Jika ragu-ragu maka harus berkomunikasi,” ujarnya.

Kordinator Divisi (Kordiv) Hukum KPU Mimika, Hironimus Kiaruma mengatakan, Setelah pelantikan ini bukan ujung dari proses, tapi ini baru memulai.

“Kita mau supaya PPD PPD untuk pilkada tahun 2024 ini adalah orang orang yang memiliki kualitas terbaik, kapasitas, integritas, loyalitas harus dimilik sehingga pilkada besok ini harus jalan dengan baik,” tandasnya.

Baca Juga |  KPU Mimika Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Ia berharap Anggota PPD yang dilantik hari ini bisa membantu KPU demi melaksankan tugas tugas dengan baik dan penuh bertanggungjawab.

Kordinator Divisi (Kordiv) SDM KPU Mimika, Delince Somua berharap teman teman PPD yang baru dilantik hari ini harus jalankan tugas dengan jujur dan adil.

“Saya minta kepada kita semua, komunikasi sangat penting, kalau komunikasi hilang berarti semuanya hancur, ketua dan anggota harus jalan sama sama. Tidak boleh sendiri sendiri,” pungkasnya. (Anis)

  • Bagikan