ASF Menyerang Ternak Babi, Satu Hari 6 Ekor Babi di Timika Mati

Antar Papua
Drh Sabelina Fitriani. (Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Virus African Swine Fever (ASF) menyerang ternak babi di Kabupaten Mimika. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, drh Sabelina Fitriani saat ditemui di kantornya, Senin (29/01/2024).

“Hasil uji dari laboraturium Loka Vet di Jayapura bahwa kita di Timika positif terkena ASF. Jadi perhari ini update kita 245 ekor babi yang mati terserang ASF,”kata Sabelina.

Dalam satu hari enam ekor babi di Timika, mati karena tersarang virus tersebut.

Ia menjelaskan bahwa kejadian ini pertama kali terjadi di Jalan Baru Timika sekitar tanggal 23 Januari 2024, di mana ada ternak babi milik warga di wilayah tersebut mati.

Baca Juga |  Dinas Peternakan Mimika Bakal Gelar Vaksinasi Rabies Gratis Sabtu ini!

“Lokasinya di awal itu daerah Jalan Baru, kemudian di Gorong Gorong. Kemudian di Hasanudin dan Nawaripi, kita tiga distrik sudah terkena,”kata Sebelina.

Langkah yang diambil oleh pihaknya guna meminimalisir dan mencegah virus tersebut menyerang ternak babi milik warga di Mimika, adalah melakukan sosialisasi dari kandang ke kandang bagi peternak babi di Kabupaten Mimika, mendistribusikan disinfektan kepada peternak babi untuk melakukan penyemprotan terhadap kandang. Juga tidak menjual babi yang sakit atau mati, dan tidak membuang bangkai babi yang sudah mati.

Baca Juga |  Sudah 62 Ekor Babi Dilaporkan Mati, Disnakeswan Belum Pastikan Virus Apa

“Kita berusaha memutuskan mata rantainya, kita juga sudah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak mengeluarkan babi, baik yang sehat maupun yang sakit dari kandang cukup diisolasi di kandang”,kata Sebelina.