Basarnas Hari ini Mulai Laksanakan Siaga SAR Khusus Nataru 2023

  • Bagikan
IST SAR TIMIKA FOR ANTARPAPUA.COM Suasana pembukaan Siaga SAR Khusus Nataru yang digelar di Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Senin (18/12/2023).

Timika, Antarpapua.com– Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) khususnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, mulai hari ini telah melaksanakan siaga SAR Khusus Nataru 2023.

Pelaksanaan siaga SAR khusus direncanakan, akan dilaksanakan selama 21 hari dari tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

Pembukaan Siaga SAR Khusus Nataru 2023 diawali dengan apel gelar pasukan personel Rescuer, yang melaksanakan siaga serta membacakan amanat Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, yang dibacakan oleh Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y. Batlajery, SE, selaku pembina apel.

Dalam sambutan tersebut disampaikanz bahwa berdasarkan survei Kementerian Perhubungan diperkirakan terdapat pergerakan warga sebanyak 107,63 jutaz orang yang akan melaksanakan aktivitas perjalanan baik mudik ke kampung halaman maupun liburan ke lokasi wisata, dengan menggunakan moda transportasi laut, darat, dan udara.

Baca Juga |  Rapat Koordinasi Tahun 2023, SAR Timika Bahas Kontigensi Kecelakaan Pesawat Udara

Mengacu ke prakiraan cuaca BMKG, wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti banjir bandang, tanah longsor, kecelakaan kapal laut akibat gelombang tinggi, dan badai tropis.

Di samping itu juga terdapat potensi bencana geologi yang perlu diwaspadai, seperti letusan gunung berapi dan gempa bumi yang dapat memicu Tsunami.

Data operasi SAR tahun ini sampai dengan Bulan November menunjukkan, bahwa frekuensi operasi SAR cukup tinggi terutama operasi di wilayah perairan.

Kondisi tersebut di atas mengharuskan kita untuk memelihara kesiapsiagaan penuh dan perlu secara khusus memonitor jalur transportasi dan lokasi wisata/pendakian, yang padat dengan aktivitas warga dan pengunjung yang akan merayakan Natal dan Tahun baru.

Baca Juga |  Juru Mudi Speedboat Jatuh di Kali Siret Asmat, SAR Timika Lakukan Pencarian

Oleh karena itu, agar tim siaga ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis untuk memonitor angkutan laut dan pelabuhan penyeberangan serta tempat-tempat wisata dan pendakian.

Setelah selesai melaksanakan apel gelar pasukan selanjutnya Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika, secara simbolis melepas konvoi kendaraan operasional Siaga SAR Khusus Nataru tanda telah dimulainya pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru 2023.

(Penulis : *Humas SAR EditorSianturi)

  • Bagikan