BNNK Mimika Bersama Lurah dan Kepala Kampung Gelar Rapat Koordinasi

  • Bagikan
Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling dalam pemaparannya. (Foto: Wahyu/antarpapua.com).

Timika, Antarpapua.com – Dalam rangka pengembangan dan pembinaan kota/kabupaten tanggap ancaman narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika menggelar rapat koordinasi bersama lintas sektor di Hotel Grand Tembaga, Mimika, Papua Tengah, Rabu (23/08/2023).

Rapat koordinasi ini diikuti oleh kepala-kepala kampung dan lurah dari masing-masing distrik di Kabupaten Mimika.

Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk semua pihak yang berada di tingkat kelurahan dan kampung, berhak untuk menjaga dan mencegah penyalahgunaan narkotika ataupun narkoba yang ada di lingkungannya.

Hal ini dapat ditunjangi dengan intervensi berbasis masyarakat, dan agen pemilihan di seluruh kampung serta kelurahan yang ada.

Baca Juga |  Kejari Mimika Musnahkan Barang Bukti dari Kasus Inkracht

Mursaling melanjutkan, dengan adanya kerja sama, sinergitas yang dilakukan ini kepala kelurahan maupun kampung, dapat memahami penanganan intervensi berbasis masyarakat.

Sementara itu, dalam sesi tanya jawab sejumlah kepala kampung dan kelurahan turut membahas secara detail terkait dengan kerja sama ini. Termasuk penanganan para pecandu narkoba ataupun narkotika, yang ada pada kelurahan dan kampung.

“Kalau misalkan itu ada murni pecandu narkotika, ya seyogyanya oleh pihak kampung yang menyelesaikan persoalan ini sepanjang itu tidak termasuk sindikat. Artinya dia menyimpan, menguasai, memiliki kemudian dia jadi bandar, ya otomatis itu tidak boleh proses hukum,” kata Mursaling kepada wartawan.

Baca Juga |  Konsolidasi Bareng Insan Pers, Wujud BNNK Mimika Perangi Narkoba

“Artinya para pecandu inilah yang murni yang harus kita berikan pendampingan secara sosial dan termasuk juga medisnya, tapi tetap dikoordinasikan dengan BNN,” pungkasnya.

  • Bagikan