Bupati Mimika Buka Konsultasi Ranwal RPJPD 2024-2045

  • Bagikan
Bupati Mimika, Dr Eltinus Omaleng bersama Sekda Mimika, Robert Mayaut, pimpinan OPD, para tamu dan undangan foto bersama pada kegiatan konsultasi publik Rencana Awal RPJPD tahun 2025-2045 Kabupaten Mimika Tahun 2023 di hotel Swiss Bellin,Selasa (5/12/2023). Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com

Timika, Antarpapua.com– Bupati Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Dr Eltinus Omaleng, membuka acara konsultasi publik Rencana Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 Kabupaten Mimika Tahun 2023, yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, di Hotel Swissbellin Timika, Selasa (05/12/2023) sore.

Bupati Eltinus dalam sambutannya mengatakan, sesuai arahan Undang-Undang 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dimana penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Pemerintah Daerah (RPJPD) dan Permendagri Nomor 81 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan RKPD Tahun 2023, bahwa pemerintah daerah pada tahun 2023 mulai menyusun rancangan awal RPJPD tahun 2025-2045.

“Penyusunan RPJPD merupakan salah satu dokumen perencanaan pembangunan daerah, yang wajib disusun oleh pemerintah daerah yang merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun ke depan,”kata Bupati Omaleng.

Adapun beberapa hal yang menjadi perhatian dalam penyusunan ranwal RPJPD tahun 2025-2045 sebagai berikut, pertama forum konsultasi publik rancangan awal RPJPD Kabupaten Mimika tahun 2025-2045 melaksanakan amanat pasal 22 Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Raperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Baca Juga |  KPK: Eltinus Omaleng Berkeinginan Membangun Gereja Kingmi Sebelum Jadi Bupati

Kedua, penyusunan dokumen rancangan awal RPJPD Kabupaten Mimika 2025-2045, tentu memiliki harapan yang sama untuk melihat Kabupaten Mimika yang maju, sejahtera dan berkelanjutan di masa yang akan datang.

Bupati Omaleng mengatakan, dalam 10 tahun terakhir Kabupaten Mimika secara nyata menunjukan capaian kinerja pembangunan yang semakin meningkat, dapat dibuktikan dengan beberapa data sebagai berikut:
Pertama kualitas pembangunan manusia terus meningkat secara kusus pendidikan dan kesehatan, infrastruktur yang memadai. Kedua, kemiskinan dan ketimpangan semakin menurun melalui program kesejateraan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Ketiga, perekonomian wilayah tumbuh pesat melalui program unggulan ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan, sehingga mampu meningkatkan pendapatan regional.

Keempat, penduduk terkendali dan orang yang bekerja semakin meningkat melalui program kependudukan dan ketenagakerjaan yang inovatif.

Kelima, kinerja dan tata kelola pemerintah daerah semakin baik, melalui penyelenggaraan pemerintah daerah dan pelayanan publik semakin transparan, akuntabel dan partisipatif di mana Kabupaten Mimika mampu mempertahankan Opini WTP secara berturut-turut dari tahun 2015 sampai tahun 2022, dan keenam, reputasi Kabupaten Mimika secara nasional maupun di tingkat provinsi semakin membanggakan, dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang telah diraih oleh pemerintah daerah selama ini.

Baca Juga |  Mimpi Provinsi Papua Tengah

Bupati Omaleng mengatakan, Kabupaten Mimika adalah tanah terberkati memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah, mulai dari gunung sampai dengan di pesisir, keberagaman suku dan budaya.

“Secara geografis daerah kita berada di posisi yang sangat strategis. Harapan kita, semoga impian seluruh masyarakat Mimika dapat menikmati kekayaan alamnya lebih baik lagi melalui pembangunan secara bertahap selama 20 tahun ke depan. Mari kita bersama sama bergandengan tangan bahu membahu memberikan yang terbaik menujuh mimika unggul 2045,”pungkas Bupati Omaleng.

  • Bagikan