Caleg PBB Raih Suara Tertinggi di Distrik Mimika Barat Tengah

Antar Papua
Suasana Rapat Pleno terbuka rekapitulasi dan Perhitungan suara Tingkat PPD Mimika Barat Tengah, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Kamis (29/2/2024). (Foto: Anis/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Calon legislatif (caleg) nomor urut 1 dari Partai Bulan Bintang (PBB), Saulus Ratu, meraih suara tertinggi di Daerah Pemilihan (Dapil) 6, Distrik Mimika Barat Tengah, dengan perolehan 515 suara, dan ditambah 102 suara partai, sehingga berhasil menempati posisi pertama dengan jumlah 617 suara.

Urutan kedua,dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh 482 suara, dengan rincian, suara Caleg nomor urut 1, Asri Akkas memperoleh 443 suara, ditambah dari Caleg Nomor urut 2, Amandus Gwijangge sebanyak 39 suara.

Sementara urutan ketiga ditempati Partai Demokrat dengan perolehan 352 suara, dengan rincian Caleg Nomor urut 1, Dessy Putrika Rossrante memperoleh 351 suara dan Caleg nomor urut 2, Maxy Tayaro dengan 1 suara.

Urutan keempat ditempati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan total perolehan suara berjumlah 229 suara, dengan rincian suara caleg nomor urut 5, Natalia Ngamelubun meraih 201 suara, dan caleg nomor urut 2, Thobias Albert Maturbongs memperoleh 28 suara.

Baca Juga |  KPU Mimika Mulai Gelar Rapat Pleno Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten

Selanjutnya perolehan suara kelima diraih oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) total perolehan 70 suara, dengan rincian perolehan suara caleg nomor 1, Simon Kasihiuw dengan meraih 69 suara, ditambah suara partai 1.

Sementara urutan berikutnya ditempati Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan memperoleh 20 suara, dengan rincian suara caleg dari Caleg nomor 4, Rampeyani Rachmat dengan raihan 20 suara. Selanjutnya Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sama sama memperoleh 15 suara.

Sedangkan Partai Kebangkitan Nasional meraih 10 suara, Partai Golkar 6 suara, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meraup 6 suara, Partai Buruh memperoleh 5 suara dan Partai Gerindra meraih 3 suara.

Hal ini terungkap dalam Rapat Pleno terbuka rekapitulasi dan Perhitungan suara serta penetapan hasil perolehan suara Tingkat PPD Mimika Barat Tengah, yang dibacakan oleh salah satu anggota PPD, Kumeses Adam Marisam yang disaksikan oleh 5 Komisioner KPU Mimika, Dete Abugau, dan Komisioner lainnya, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy (Divisi Teknis), Hironimus Kia Ruma (Divisi Hukum), Budiono (Divisi Data) dan Delince Somou (Divisi Logistik), anggota Komisioner Bawaslu, para Saksi dan tim pemantau, yang berlangsung di Hotel Cartenz Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Kamis (29/2/2024) malam.

Baca Juga |  Tiga Caleg DPR Provinsi Papua Tengah Raih Suara Terbanyak di Mikbar

(Penulis : Anis | Editor : Sianturi)