Cara Merawat Mata yang Paling Dianjurkan, Aman, dan Alami

Antar Papua
Ilustrasi-Antarpapua.com

Di era saat ini, banyak orang yang tak bisa lepas dari layar ponsel ataupun monitor laptop. Terlalu lama atau terlalu sering menatap layar ponsel maupun monitor seperti komputer, laptop, atau televisi tentu saja bisa menimbulkan dampak negatif bagi mata. Kebiasaan ini juga bisa menurunkan produktivitas Anda karena lebih sering duduk dan bermalas-malasan dibandingkan melakukan aktivitas fisik.

Dengan terlalu sering menatap layar ponsel dan monitor, Anda mungkin lupa cara menjaga kesehatan mata. Padahal cara menjaga kesehatan mata sangat mudah dilakukan. Tentu saja Anda harus benar-benar menjaga mata, karena mata adalah salah satu indera terpenting dalam tubuh. Mata dapat mendeteksi adanya cahaya yang masuk dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia di sel saraf.

Mata juga merupakan sistem optik yang kompleks. Mata akan mengumpulkan cahaya dari sekitar, mengatur intensitasnya melalui diafragma, dan memfokuskan melalui penyesuaian lensa untuk membentuk sebuah gambar. Gambar tersebut kemudian dikonversi menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak melalui jalur saraf yang menghubungkan saraf optik ke korteks visual dan area lain di otak.

Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus tetap menjaga kesehatan mata. Cara menjaga kesehatan mata ini pun bisa Anda mulai sejak dini agar saat bertambahnya usia, kesehatan mata Anda tetap terjaga.

Berikut adalah 7 cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan dalam keseharian:

1. Menghindari Pemakaian Lensa Kontak Terlalu Lama

Batas wajar pemakaian lensa kontak adalah 8 jam. Jika Anda merasakan mata mulai kering, segera teteskan obat tetes khusus lensa kontak. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan permanen. Penting untuk memperhatikan intensitas pemakaian lensa kontak agar terhindar dari risiko kerusakan mata.

2. Hindari Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Duduk terlalu lama di depan komputer dapat mengakibatkan mata cepat lelah. Pastikan jarak aman antara mata dan layar monitor minimal 30 cm, dan posisikan layar sedikit ke bawah dengan jarak sekitar 61 hingga 71 cm. Sesuaikan kecerahan dan kontras layar, serta gunakan layar dengan ukuran besar atau perbesar tulisan jika memiliki masalah penglihatan untuk mengurangi kelelahan mata.

3. Makan Makanan yang Sehat

Perbanyak konsumsi buah dan sayur, terutama yang mengandung vitamin A dan beta karoten seperti wortel. Beta karoten adalah antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula atau penurunan penglihatan pusat saat Anda memandang lurus. Makanan sehat membantu menjaga kesehatan mata dan memperlambat penuaan sel.

4. Memakai Kacamata Hitam di Bawah Teriknya Matahari

Mata yang terlalu sering terpapar sinar matahari dapat mengalami katarak lebih awal. Gunakan sunglasses dengan perlindungan 100% dari sinar UV (ultraviolet) saat berada di luar ruangan untuk melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Rajin Mengatur Pencahayaan

Pastikan pencahayaan di ruangan tidak terlalu berlebihan atau terlalu gelap. Hindari membaca di ruangan dengan cahaya redup karena dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Atur pencahayaan yang nyaman untuk mata, baik di ruangan maupun pada layar monitor.

6. Rajin Berolahraga

Olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, jangan mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika terasa ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Jika mata terasa gatal atau merah, gunakan obat tetes mata atau kompres dingin. Segera periksakan ke dokter mata jika keluhan berlanjut atau jika mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, atau ada bintik-bintik gelap mengambang.

7. Sering Mengistirahatkan Mata

Saat fokus pada objek dekat, cobalah untuk memfokuskan pada objek yang jauh untuk merilekskan otot-otot mata. Gunakan aturan 20-20-20: setiap 20 menit fokus pada benda yang dekat atau layar, istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter). Berkedip dan menutup mata sejenak juga membantu menghindari kelelahan mata.

Selain Merawat, Rutin Memeriksa Mata Sangat Disarankan

Selain menerapkan cara-cara merawat seperti di atas, rutin melakukan pemeriksaan mata juga sangat penting untuk mencegah kerusakan. Pemeriksaan mata dapat memantau kondisi mata dan mendeteksi gangguan atau masalah kesehatan sedini mungkin. Baik bagi orang muda maupun lanjut usia, pria maupun wanita, disarankan untuk rutin memeriksakan mata ke dokter atau gerai optik. (/*optikmelawai.com-Antarpapua.com)