Cegah ASF, Dinas Peternakan Bagikan Serum Konvalesen kepada Peternak Babi di Mimika

Antar Papua
Pegawai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika menyerahkan serum konvalesen kepada salah satu peternak babi. (Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Virus African Swine Fever (ASF) meresahkan peternak babi di Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah.

Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, membagikan serum konvalesen yang nantinya akan disuntikkan pada babi.

“Hari ini kita akan melakukan injeksi serum konvalesen. Itu bukan vaksin tapi serum ini dia mengandung anti bodi yang mempuni. Harapan kita bisa melindungi ternak babi yang sakit atau sudah masa inkubasi virus ASF,”kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh Sabelina Fitriani, saat ditemui di kantornya Senin (29/1/2024).

Baca Juga |  ASF Menyerang Ternak Babi, Satu Hari 6 Ekor Babi di Timika Mati

Dirinya berharap, agar virus ASF yang saat ini menyerang ternak babi di Kabupaten Mimika dapat dikendalikan.

“Kita juga berharap masyarakat bisa paham. Mereka yang bisa menyuntik, mereka bisa minta serum ke dinas karena petugas dari kami, dalam satu hari itu satu orang satu kandang. ASF itu seperti virus Corona kalau sudah menempel di pakaian atau di sepatu atau peralatan pengobatan, dia juga bisa menular ke ternak babi yang lain. Makanya kita sangat membatasi gerakan petugas untuk melakukan pengobatan atau penyuntikan serum,”kata Sabelina.

Baca Juga |  Sudah 62 Ekor Babi Dilaporkan Mati, Disnakeswan Belum Pastikan Virus Apa