Cegah Konflik Sosial, Kodim 1710/Mimika Gelar Binkom Bareng Masyarakat

  • Bagikan
Foto bersama unsur pimpinan Forkopimda pada kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial di Hotel Horison Ultima, Mimika Papua Tengah, Jum'at (15/9/2023). (Foto: Wahyu/antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Sebagai upaya edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024, Kodim 1710/Mimika dipimpin Dandim Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, menggelar pembinaan komunikasi (Binkom) bareng masyarakat, di Hotel Horison Ultima, Mimika Papua Tengah, Jum’at (15/09/2023).

Binkom ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan dan juga ormas-ormas, mahasiswa, dan kelompok-kelompok pemuda lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Waasintel Kasat Bidang Jemen Intel, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva.

Dalam sambutannya, Brigjen Antoninho menuturkan pembinaan ini penting untuk dilakukan, guna mencegah terjadinya konflik sosial. Mengingat, tahun 2024 mendatang pesta demokrasi di Indonesia bakal terselenggara.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mengambil bagian dalam pagelaran Pemilu 2024 itu, serta menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban di tengah-tengah kehidupan sosial bermasyarakat.

Baca Juga |  Jaga Pemilu Damai, Operasi Nusantara Cooling System Kedepankan Upaya Preemtif dan Preventif

Brugjen Antoninho juga meminta kepada masyarakat, agar dapat melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila terjadi gangguan keamanan, ataupun hal-hal yang berpotensi memicu terjadinya konflik.

“Kami berharap terutama di daerah Timika harus tetap menjaga keamanan dan ketertiban, dan selalu bekerja sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,”ujarnya.

Kemudian, kegiatan Binkom dalam mencegah konflik sosial tersebut mendapat respon positif oleh masyarakat, khususnya pada peserta yang hadir dan juga Pemerintah Kabupaten Mimika.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Hendritte Tandiono yang hadir dalam kesempatan itu juga mengharapkan, masyarakat dapat bersama-sama pemerintah dan seluruh stakeholder di Mimika, agar menjaga keamanan dan ketertiban baik menjelang sampai pada pelaksanaan pesta demokrasi nanti.

Baca Juga |  Cegah Paham Radikal, TNI Selalu Lakukan Komunikasi dan Pendekatan Kepada Masyarakat

Para peserta Binkom sendiri kemudian mendapatkan materi dari Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi tentang 4 Pilar Kebangsaan, Alfasiah selaku Sekretaris Badan Kesbangpol Mimika tentang Konflik Sosial dan ditutup dengan sesi tanya jawab, dan ramah tamah.

  • Bagikan