Cegah Lakalantas, Dewan Harap Satlantas Pantau Kendaraan Ugal-Ugalan di Jalan

Antar Papua
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Drs. Leonardus Kocu, Foto : Dock/APN

Timika, Antarpapua.com – Untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas), Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Drs Leonardus Kocu berharap, pihak kepolisian rutin memantau kendaraan yang ugal-ugalan di jalan.

“Berhubungan dengan laka lantas yang sering terjadi, berarti ini gambaran dari ketidakdisiplinan masyarakat (pengendara), salah satunya bahwa masyarakat tidak taat aturan dan tata tertib. Hal ini harus ada sosialisasi rutin dari pihak-pihak terkait,” ungkap Leonardus Kocu pada Antarpapua.com melalui sambungan telepon, Sabtu (26/08/2023) malam.

Pelanggaaran lalu lalulintas itu, sudah menghilangkan banyak nyawa.

“Jadi hal ini menunjukkan praktek pelanggaran lalu lintas yang harus dicegah karena tidak taat aturan,” tandasnya.

Baca Juga |  Thobias Maturbongs Langsung Wujudkan Aspirasi Warga di Dapil 6

Ia berharap agar pihak-pihak terkait tidak bosan-bosan melakukan sosialiasi secara berkala, baik di sekolah, lingkungan RT, kelurahan, kampung dan distrik.

“Jadi pihak terkait, diharapan kita tidak bosan-bosan melakukan sosialisai agar dipahami,” tegasnya.

Sementara diberitakan sebelumnya, Satlantas Polres Mimika mencatat, sebanyak 114 kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kabupaten Mimika periode Bulan Januari sampai Juli 2023.

Berdasarkan data, terdapat sebanyak 114 jumlah kasus laka lantas tersebut, sebanyak 24 orang meninggal dunia.

“Jadi penyebab laka itu sendiri rata-rata lalai pengendara dan dipengaruhi minuman keras (miras),” ujar Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Darwis kepada Antarpapua.com, Selasa (08/08/2023).

Baca Juga |  Puluhan Kendaraan Roda Dua Terjaring Sweeping

Ia mengatakan, rincian jumlah kasus laka lantas selama tujuh bulan sebanyak 114 kasus yakni pada Bulan Januari sebanyak 11 kasus, dan Februari 12 kasus.

(Penulis : Anis | Editor : Sianturi)