CFD Perdana Digelar di Timika, Partisipasi Masyarakat Luar Biasa

  • Bagikan
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob (tengah), sedang jalan santai pada acara car free day di jalan Cenderawasih Timika, Sabtu (16/12/2023). Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com

Timika, Antarpapua.com– Kegiatan Car Free Day (CFD) atau hari tanpa kendaraan bermotor untuk pertama kalinya digelar di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah oleh Kormi Mimika, Sabtu (16/12/2023).

Grand opening acara tersebut dilaksanakan di Jalan Cenderawasih dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika, yang juga merupakan Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Mimika, Johannes Rettob.

Acara tersebut digelar dengan rute dari jalan Cenderawasih tepatnya lampu merah Diana menuju depan kantor Pelayanan Polres Mimika.

Pantauan media ini partisipasi masyarakat Mimika untuk mengikuti acara tersebut sangat luar biasa.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob ketika ditemui di sela- sela kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Timika.

“Hari ini kita grand opening merupakan tindaklanjut dari pada Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2018 tentang Hari Bebas Kendaraan, dimana saat itu saya jadi Kepala Dinas Perhubungan. Tetapi waktu itu tidak ada yang eksekusi, kita baru eksekusi sekarang sesudah adanya Kormi. Jadi Kormi yang eksekusi kegiatan ini dan saya yang jadi ketua,”John Rettob.

Baca Juga |  KORMI Hadirkan CFD Pertama di Mimika, Johannes Rettob Ajak Warga Berpartisipasi

Dengan dilaksanakan CFD ini, masyarakat Mimika bisa berpartisipasi untuk mengikutinya dengan penuh kegembiraan.

“Dengan car free day, masyarakat bisa mengingikuti dengan penuh kegembiraan, olahraga dan juga hiburan. Kita akan melaksanakan setiap Sabtu jam 06.00 WIT- 10.00 WIT,” ujar John Rettob.

John mengatakan, jalur yang digunakan pada kegiataan perdana ini untuk melakukan uji publik, namun pihaknya memilik beberapa titik yang ada dalam Kota Timika ini melaksanakan car free day.

“Kita menggunakan jalur ini untuk uji publik untuk hari pertama ini. Kita minta pendapat dari masyarakat Mimika boleh pilih tempat yang mana nanti kita akan evaluasi. Kami punya beberapa titik untuk melaksanakan car free day tinggal masyarakat yang memberikan masukan,”kata John Rettob.

Baca Juga |  KORMI Hadirkan CFD Pertama di Mimika, Johannes Rettob Ajak Warga Berpartisipasi

Pada pelaksanaa kegiatan car free day ini, bukan hanya kegiataan berolahraga semata, namun ada beberapa kegiatan pelayanan masyarakat juga ikut dalam memeriahkan car free day.

Selain itu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Di sini juga kita buka juga untuk pengurusan e-KTP. Masyarakat mau urus nomor induk berusaha nanti juga di sini. Kita juga memberikan kesempatan untuk seluruh UMKM Mimika,” kata John Rettob.

(Penulis : Marsel Balawanga | Editor : Sianturi)

  • Bagikan