Mimika  

Dinding Panjat Tebing yang Rusak Akan Dianggarkan Perbaikannya Tahun Ini

Antar Papua
Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika, Yakob Yopi Toisuta. (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Pemerintah Kabupaten Mimika akan melakukan perbaikan terhadap venue wall climbing (panjat tebing), pada bagian dinding yang rusak pasca diterjang angin kencang di awal tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika, Yakob Yopi Toisuta menerangkan, untuk anggaran perbaikan ini belum dapat diestimasikan.

Namun pihaknya, akan menganggarkannya dalam tahun ini untuk perbaikan.

“Nanti kita anggarkan dia di anggaran tahun ini, tapi besar biaya kita harus duduk dengan konsultan,” kata Yopi, kepada wartawan, Selasa (16/5/2023).

Sementara itu, selain venue panjat tebing venue-venue eks PON XX 2021 lainnya, juga butuh pemeliharaan namun biaya perawatan yang dikucurkan tidak begitu besar.

Kata Yopi, perawatan akan terus dilakukan, hingga pada akhirnya semua aset olahraga tersebut diserahkan kepada perusahaan milik daerah (Perusda).

“Nanti arahnya semua itu ke perusahaan milik daerah,” ujarnya.

Yopi menyebutkan, hari Jumat ini rencananya akan dilakukan penyerahan peralatan-peralatan eks PON XX 2021 lalu dari pemerintah Provinsi Papua kepada Pemda Mimika, dengan menggunakan anggaran APBN.

“Jadi di dalam PON itu sumber dana kan ada dua, (APBD Provinsi) sama APBN, yang dong (mereka) mau serahkan ini APBN, APBD Provinsi belum,” pungkasnya.

Penulis: WahyuEditor: Sianturi