Dinkes Mimika Kolaborasi Dengan Kampung-Kampung di Mimika Tekan Penyakit Berbasis Lingkungan

Antar Papua
Reynold Ubra. (Foto : Antarpapua.com/Marsel Balawanga)

Timika, Antarpapua.com– Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, di tahun 2024 akan berkolaborasi dengan beberapa kampung di Mimika, untuk menekan penyakit berbasis lingkungan di Kabupaten Mimika seperti malaria dan diare.

“Kami membangun kolaborasi dengan beberapa kelompok di kampung untuk isu tim kesehatan lingkungan kemudian remaja. Tahun ini ada 10 kampung yang kami coba perkuat,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, saat ditemui di Kantor Sentra Pemerintahan SP 3, Senin (15/1/2023).

Reynold menjelaskan, penyakit berbasis lingkingan seperti malaria dan diare disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat dan bersih.

“Itu penyebab dari nyamuk dan perilaku buang air besar sembarangan,”kata Reynold.

Tim kesehatan yang dibentuk di kampung-kampung tersebut, nantinya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Selain melibatkan masyarakat, pihaknya juga akan melibatkan sekolah melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), untuk bersama-sama memberikan edukasi untuk pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal, agar terhindar dari penyakit malaria dan diare.

Baca Juga |  Kadinkes Mimika: Stok Obat Malaria Tahun 2023 Tersedia

“Untuk intervensi kepada remaja sekolah kami intervensi dan kerjasama dengan OSIS,”kata Reynold.