Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Secara Resmi Menutup Festival Budaya Sejuta Rawa Ke-2

Antar Papua
Suasana penutupan Festival Sejuta Rawa Kedua di Mappi, Sabtu (18/11/2023). (HUMAS MAPPI)

MAPPI, Antarpapua.com – Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Dwi Marhen Yono menutup secara resmi pelaksanaan Festival Budaya Sejuta Rawa ke-2 di Kabupaten Mappi Provinsi Papua Selatan pada Sabtu (18/11/2023) lalu.

Dwi Marhen Yono mengapresiasi atas keterlibatan seluruh maayarakat Mappi, dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Saya sangat senang dimana masyarakat terlibat aktif dalam festival ini,” ungkapnya.

Dwi meminta dalam mempromosikan wisata, karya seni dan budaya di Kabupaten Mappi, pihaknya meminta pemerintah daerah untuk membuat travel patter wisata minat khusus.

Baca Juga |  Pemda Mappi Anggarkan Rp 6 Miliar untuk Bangun Taman Kota

Dikatakan Dwi, bahwa travel pattern wisata minat khusus ini dimana membuat pola perjalanan dari beberapa tempat. Misalnya wisatan dari Bali-Labuan Bajo-Merauke hingga ke Mappi. Dan Mappi menjadi pelangkapnya dalam paket perjalanan tersebut. Dan pola perjalanan ini dibuatkan dalam satu paket perjalanan.

Dwi menerangkan, apabila ini sudah dibuat maka di Kabupaten Mappi harus menyiapkan suasana berbeda, dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. Misalkan di Kabuan Bajo wisatawan menginap di hotel saat tiba di Mappi mereka mungkin menginapnya di rumah pohon, diajak makan sagu, diajarkan cara membuat noken dari kukit kayu gaharu.

“Wisata adalah bisnis kebahagian maka kita harus memberikan yang terbaik bagi wisatawan yang datang berkunjung. Kita harus mampu memberikan hal berbeda yang tidak ada di daerah lain,” pungkasnya.

Baca Juga |  Pj Bupati Mappi Launching Pengimbasan Metode Gasing Untuk 164 SD di Distrik dan Kampung

(Penulis : *Humas Mappi | Editor : Sianturi)