Distrik Miru dan Wania Masuk Zona Merah Penyebaran ASF, 5.000 Serum Konvalesen Akan Dibagikan

  • Bagikan
Serum konvalesen yang didatangkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika. (Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, akan mendatangkan 5.000 botol serum konvalesen dari Pusat Veteranaria Farma di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Langkah ini diambil oleh Disnakkeswan Mimika, dalam upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Virus African Swine Fever (ASF) yang saat ini menyerang ternak babi di Mimika.

Serum tersebut nantinya dibagikan kepada peternak babi di Mimika untuk disuntikan pada ternak babi.

Baca Juga |  Virus ASF Tidak Pengaruhi Penjualan Daging Babi di Pasar Sentral

“Kita sudah datangkan 200 botol dan besok datang lagi 400 botol. Kita datangkan secara total semunya yang kita datangkan itu 5.000 botol,”kata Kepala Disnakkeswan Mimika drh Sabelina Fitriani melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Bakti Erma Surfani, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (31/01/2023).

Serum tersebut dibagikan kepada peternak babi sesuai dengan jumlah babi yang dipelihara peternak. Untuk mendapatkan serum tersebut, peternak babi bisa langsung datang ke Dinas Peternakan dan mengambilnya.

Saat ini, dua distrik di Mimika sudah masuk zona merah penyebaran virus ASF pada ternak babi.

Baca Juga |  Virus ASF Tidak Pengaruhi Penjualan Daging Babi di Pasar Sentral

“Distrik Mimika Baru dan Wania sudah masuk zona merah,”kata Erma.

  • Bagikan