Dukcapil Gelar Seminar Data Penduduk Lebih Akurat dan Multiguna

Antar Papua
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Saat memberikan sambutan pada kegiatan Seminar yang di gelar di Jl.Cendrawasih, Selasa (6/10)

Timika, antarpapuanews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mimika, menggelar seminar mewujudkan data kependudukan yang akurat dan multiguna. Kegiatan digelar di salah satu hotel yang berada di Jl. Cendrawasih, Selasa (6/10).


Kegiatan ini dihadiri oleh kepala distrik yang ada di Kabupaten Mimika, serta di buka oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob.


Hadir sebagai narasumber yakni Kepala Dinas Dukcapil Kab. Mimika Slamet Sutejo, Kepala Dinas Sosial Kab. Mimika Petrus Yumte, Kepala Bps Mimika Tresno Tamanampo, Akademisi dan Pemerhati Masalah Sosial Muhammad A E Rumbou.


Dalam laporannya, Ketua Panitia Kegiatan Grace Natalie, mengatakan tujuan dari kegiatan yang digelar adalah meningkatkan sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Mimika dalam proses pendataan kependudukan yang lebih valid serta akurat.

Baca Juga |  Pemkab Mimika Bahas Raperda dan Perbup Terkait Stunting dan Percepatan Eliminasi Malaria 2026
Suasana Seminar Dukcapil


Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengungkapkan problem utama dalam setiap pengambilan kebijakan adalah data kependudukan yang tidak valid dan akurat.


Padahal data tersebut sangat diperlukan untuk mendukung proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan. Sehingga kebijakan pemerintahan dapat tepat sasaran dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya di Kabupaten Mimika.


Ia menilai, mendapatkan data saat ini sangatlah sulit, sehingga berdampak pada proses pemberian bantuan sosial, untuk itu validasi data serta penyusunan yang baik sangatlah krusial.


“Contohnya ada bantuan sosial dari pusat tetapi karena sulitnya dan kurang akuratnya data , bantuan tersebut jadi tertunda,” ungkapnya.

Baca Juga |  6 Anggota Komisi C DPRD Mimika Kunjungi Lokasi Banjir di Jalan Trans Nabire


Ia pun menghimbau kepada seluruh OPD terkait serta stakeholder yang ada di Kabupaten Mimika, dapat bekerjasama dalam upaya penyusunan data kependudukan yang valid dan akurat. (Eye)

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News