Mimika  

Genjot Pembangunan, Kampung Nawaripi Gelontorkan Rp 600 Juta untuk RT

Antar Papua
Balai Latihan Kerja (BLK) untuk Kampung Nawaripi. (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Demi menggenjot pembangunan di Kampung Nawaripi, seluruh RT di Kampung Nawaripi akan mendapatkan dana pembangunan Rp 600 juta tahun ini. Anggaran tersebut dibagi menjadi 20 RT sehingga masing-masing RT mendapat dana pembangunan sebesar Rp 30 juta.

Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun menjelaskan, gelontoran dana pembangunan untuk RT tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) Kampung Nawaripi tahun 2023. Pemberian dana pembangunan RT tersebut juga sudah mendapat persetujuan dari musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) kampung.

“Tahun ini Kampung Nawiripi mengelola anggaran sebesar Rp 1 Miliar lebih. Rp 600 juta untuk pembangunan di RT dan sisanya digunakan untuk operasional program lain seperti BLK, sekolah TK dan Paud, perpustakaan, honor aparat kampung dan RT,” jelasnya.

Norman mengatakan, dana pembangunan diberikan ke masing-masing RT agar pembangunan bisa lebih menyentuh masyarakat. Sehingga pembangungunan bukan timbul dari pemerintah kampung, tapi langsung dari RT. Hingga kini sudah ada beberapa RT yang sudah mengajukan proposal terkait program pembangunan, meski ada juga RT yang belum mengajukan. Nantinya, proposal dari RT akan diseleksi dan akan ditentukan mana program yang dapat direalisasikan terlebih dulu.

“Nanti sebelum dia menerima anggaran, kita akan buatkan surat pernyataan yang mengikat secara hukum agar bilamana dia salah menggunakan dana itu ya dia harus bertanggung jawab. Intinya program yang diajukan itu bisa langsung menyentuh warga Nawaripi,” tegas Norman.

Sementara itu, proposal yang sudah diajukan rata-rata membahas tentang beberapa poin penting dalam pembangunan infrastruktur seperti pembangunan drainase (parit), pemasangan lampu jalan hingga penimbunan badan jalan.

Norman menjelaskan, untuk mengawal program pembangunan yang dikerjakan pihak RT, pihaknya bakal menugaskan aparat kampung melakukan pengawasan.

Selain itu, untuk anggaran alokasi dana desa (ADD) Kampung Nawaripi akan difokuskan untuk pembangunan area wisata Kampung Nawaripi yang berlokasi di Mile 21.

Kawasan wisata Kampung Nawaripi juga menjadi prioritas pemerintah kampung karena dinilai dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News

Penulis: WahyuEditor: Sani