Harkannas ke-10, Warga Mimika Diajak Gemar Makan Ikan

  • Bagikan
Kegiatan Harkannas ke 10 di Hotel Horison Diana,Selasa (19/12/2023). Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com

Timika, Antarpapua.com– Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Dinas Perikanan Kabupaten Mimika memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-10 tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Horison Diana, Selasa (19/12/2023). Pada peringatan Harkannas ke 10 tersebut warga Mimika diajak untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Bupati Mimika melalui Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Yakobus Kareth, dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan, arah kebijakan pembangunan Kabupaten Mimika berdasarkan visi kabupaten yakni, membangun Mimika cerdas aman damai dan sejahtera berbasis sumber daya strategis, yang mendukung pencapaian visi RPJMD yaitu pada tahun 2025 Mimika menjadi pusat pelayanan jasa industri global berwawasan lingkungan, menuju masyarakat madani bagi terwujudnya masyarakat Mimika yang berdaya di tanah sendiri.

Sejalan dengan visi tersebut, maka pemerintah daerah mendorong pengembangan potensi dan peluang strategis sektor perikanan dalam pencapaian pengolahan, pemanfaatan sumber daya yang berdaya saing dan berkelanjutan.

“Peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 mengusung tema ikan untuk generasi emas. Tema tersebut di usung untuk mendorong semangat dan kesadaran akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang bermutu tinggi, dan mengandung protein berkualitas tinggi dan menyehatkan,”kata Yakobus.

Yakobus mengatakan, Harkannas 2023 merupakan momentum meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat demi mendukung visi Mimika emas 2025. Visi ini dapat dicapai melalui generasi muda yang memiliki keunggulan yang disebut sebagai generasi emas.

‘Gizi dan protein dalam ikan merupakan sumber investasi yang dapat mempersiapkan generasi emas yang cerdas, produktif, inovatif, sehat dan berkarakter,”kata Yakobus.

Ia mengatakan bahwa bonus demografi yang akan dipetik Indonesia pada tahun 2030 dikuatirkan tidak dapat dinikmati, jika masyarakat usia produktif tidak sehat. Momentum Harkannas merupakan, momentum meningkatkan kesadaran dalam mengkonsumsi produk produk perikanan yang berkelanjutan.

Ikan juga dinyatakan sebagai salah satu sumber pangan domestik yang ketersedianya, jadi indikator keberhasilan mencapai pangan dan gizi sebagai mana tertuang dalam RPJPN tahun 2024.

Yakobus mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat bahwa konsumsi ikan Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 56,48 kiloton perkapita pertahun.
Angka tersebut meningkat 2,38 persen dibanding tahun 2012 dan 2023.

“Tercatat konsumsi ikan di Kabupaten Mimika sekitar 43,6 kilo perkapita pertahun dan belum merata. Untuk itu perlu terus mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan (GEMAR) Ikan”,kata Yakobus.

Gerakan ini bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional lewat konsumsi ikan, sekaligus dalam upaya menekan stunting.

“Dengan peringatan hari ikan nasional ke-10 tahun 2023 ini maka diharapkan masyarakat lebih banyak mengkonsumsi ikan, memberikan banyak keunggulan salah satunya protein yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel sel tubuh,”kata Yakobus.

Adapun rangkaian kegiatan dalam peringatan Harkannas ke-10 di Kabupaten Mimika diisi dengan berbagai perlombaan, diantaranya lomba mewarnai anak-anak sekolah dasar, dan lomba fotografi dengan tema ikan untuk generasi emas.

Pada puncak kegiataan Selasa (19/12/2023) diisi dengan materi sosialisasi manfaat ikan mencegah gizi buruk dan stunting, dibawakan dari ahli gizi dari RSUD Mimika dan kemudian dilanjutkan dengan pengisian survei konsumsi ikan pada seluruh peserta peringatan hari ikan nasional ke-10 Kabupaten Mimika tahun 2023.

  • Bagikan