Harus Tahu, Ini Alasan Ketombe Bisa Bikin Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya!

Antar Papua
Ilustrasi - Antarpapua.com

Ketombe adalah masalah rambut yang paling sering terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Hampir semua orang pernah mengalami masalah ini, dan untungnya dengan pengobatan yang tepat baik itu secara alami maupun penggunaan produk sampo tertentu dan kedisiplinan, ketombe dapat dihilangkan. Namun, mereka yang memiliki masalah ketombe sering kali juga mengalami kerontokan rambut. Bagaimana bisa ketombe menjadi penyebab rambut rontok? Simak ulasannya berikut!

Ketombe ditandai dengan munculnya rasa gatal dan serpihan atau bintik berwarna putih di kulit kepala. Pemakaian sampo yang berlebihan atau tidak memadai dapat menyebabkan ketombe karena kulit kepala menjadi lebih berminyak. Tingginya kadar minyak di kulit kepala menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan jamur Malassezia spp., yang bersifat lipofilik (menyukai lemak). Ketika kadar minyak tinggi, jamur ini tumbuh subur, menyebabkan peradangan kulit kepala.

Ketombe yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan rambut rontok. Jika ingin mengatasi rambut rontok, pertama-tama atasi masalah ketombe. Ketombe menyebabkan iritasi dan rasa gatal di kulit kepala. Orang yang berketombe cenderung lebih sering menggaruk kulit kepala untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Menggaruk kulit kepala secara berlebihan dapat melemahkan akar rambut, sehingga menyebabkan rambut rontok.

Ketombe juga dapat menutupi folikel rambut dengan serpihan kulit mati, yang menghalangi pertumbuhan rambut baru. Saat folikel rambut tertutup ketombe, rambut baru sulit tumbuh, yang menyebabkan kerontokan. Oleh karena itu, penting untuk segera mengatasi ketombe agar rambut tetap sehat dan kuat.

Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Masalah ketombe berdampak pada kesehatan dan penampilan rambut. Namun, tidak perlu khawatir karena beberapa tips berikut ini dapat membantu mengatasi masalah rambut tersebut:

1. Menggunakan Sampo Antiketombe

Beberapa jenis sampo telah diformulasikan khusus untuk melawan ketombe. Pilih sampo antiketombe yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat, ketoconazole, pyrithione zinc, atau selenium sulfide. Bahan-bahan ini membantu membasmi kuman penyebab ketombe dan mengurangi peradangan di kulit kepala. Namun, sebaiknya hentikan penggunaan sampo khusus ini jika kondisi kulit kepala sudah membaik untuk menghindari ketergantungan.

2. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala

Kelembapan kulit kepala sangat penting dalam mengatasi ketombe. Kulit kepala yang kering cenderung lebih mudah terkelupas dan menyebabkan ketombe. Rutin menggunakan kondisioner atau memijat kulit kepala dengan bahan alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun dapat membantu menjaga kelembapan. Pijatan lembut juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, mendukung kesehatan folikel rambut.

3. Hindari Produk yang Mengiritasi dan Merusak Rambut

Beberapa orang memiliki kulit kepala yang sensitif terhadap bahan kimia yang terdapat dalam produk perawatan rambut. Produk seperti cat rambut, gel, atau semprotan rambut sering mengandung bahan kimia, alkohol, pengawet, dan parfum yang dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan iritasi. Jika kulit kepala Anda sensitif, sebaiknya hindari produk-produk ini untuk mencegah dermatitis yang dapat memperburuk ketombe dan menyebabkan kerontokan rambut.

4. Menggunakan Bahan Alami

Selain produk komersial, bahan alami seperti minyak pohon teh, lidah buaya, atau cuka sari apel dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Minyak pohon teh memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi ketombe. Lidah buaya memiliki sifat menenangkan yang dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi. Cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengurangi pertumbuhan jamur.

5. Mengelola Stres dengan Baik

Stres dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala dan memperburuk ketombe. Mengelola stres melalui teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan dapat membantu mengurangi ketombe. Jika stres sangat mengganggu, konsultasikan dengan profesional kesehatan mental untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan.

6. Pola Makan Sehat

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Pastikan asupan makanan kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, E, dan zinc yang baik untuk kulit dan rambut. Makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan berlemak, dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mengurangi ketombe.

7. Rutin Membersihkan Rambut

Menjaga kebersihan rambut dengan mencuci secara rutin dapat membantu mengurangi ketombe. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kondisi kulit kepala Anda. Hindari menggunakan air panas karena dapat membuat kulit kepala kering dan iritasi. Bilas rambut dengan air dingin atau suam-suam kuku untuk menjaga kelembapan alami kulit kepala.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengatasi masalah ketombe dan mencegah rambut rontok. Perawatan yang tepat dan konsisten adalah kunci untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit jika masalah ketombe dan rambut rontok tidak kunjung membaik (/*halodoc.com-Antarpapua.com)