Ini 9 Cara Merawat Kulit agar Tampak Sehat dan Cerah

Antar Papua
Ilustrasi-Antarpapua.com

Sebagai organ terbesar dan terluar tubuh manusia, kulit sangat rentan terhadap kontaminasi kotoran, kuman, dan bakteri. Ketidakpedulian terhadap kondisi kesehatan kulit dapat berakibat serius. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat kesehatan kulit dengan tepat.

Cara Merawat Kulit agar Selalu Sehat dan Cerah

Merawat kulit tidak hanya tentang penggunaan produk perawatan kulit. Kebiasaan hidup sehat juga diperlukan untuk mendukung perawatan kulit dari dalam. Berikut ini adalah tips mudah untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat:

1 Menerapkan Pola Makan Sehat

Makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Selain memenuhi kebutuhan gizi seimbang, pastikan menu harian mengandung protein dan antioksidan penting untuk kesehatan kulit. Vitamin seperti E dan C sangat diperlukan. Vitamin C membantu produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kulit kuat dan sehat. Makanan yang direkomendasikan termasuk sayuran dan buah berwarna jingga atau kuning (tomat, wortel), sayuran hijau (brokoli, bayam), susu rendah lemak, buah beri, ikan salmon dan kembung, serta kacang-kacangan.

2. Mengelola Stres dengan Baik

Stres menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon kortisol yang meningkatkan produksi minyak kulit, menyebabkan penyumbatan pori-pori dan timbulnya jerawat. Stres juga mempengaruhi sistem endokrin, neurologis, dan kekebalan tubuh, serta dapat meningkatkan peradangan kulit. Mengelola stres dengan baik, seperti meluangkan waktu untuk aktivitas yang disukai atau berkonsultasi dengan psikolog, sangat penting untuk perawatan kulit.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh dengan Minum Air Putih

Minum air putih cukup adalah cara sederhana merawat kulit. Penelitian menunjukkan peningkatan asupan air putih dapat memberikan dampak positif pada kondisi kulit dan kesehatan keseluruhan. Konsumsi air yang cukup membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

4. Cukup Kebutuhan Waktu Istirahat

Tidur yang cukup (7-9 jam per malam) memberikan waktu bagi kulit untuk istirahat dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Tidur cukup juga mencegah kantung mata dan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, serta membantu menjaga kulit tetap lembap dan cerah.

5. Tidak Merokok

Merokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah kecil di lapisan kulit luar, mengurangi aliran darah, dan membuat kulit tampak pucat dan kusam. Kandungan tembakau dalam rokok juga merusak elastin dan kolagen kulit, mempercepat penuaan, dan meningkatkan risiko kerutan. Menghindari rokok membantu menjaga elastisitas dan kesehatan kulit.

6. Tidak Mengonsumsi Alkohol

Mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol menurunkan risiko kanker kulit non-melanoma. Alkohol menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan, membuat kulit kering dan kusam. Menghindari alkohol membantu menjaga kelembapan dan kecerahan kulit.

7. Aktif Bergerak

Olahraga rutin membantu menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan aliran darah kaya nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit. Aktivitas fisik merangsang pelepasan IL-15, yang membantu mencegah kerusakan kulit dan memperlambat penuaan dini.

8. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

  • Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat menyebabkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker kulit. Selalu lindungi kulit dengan tabir surya, pakaian pelindung, dan hindari aktivitas di luar ruangan saat matahari terik. Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan perubahan pada karakteristik molekuler, pigmentasi, dan morfologi kulit yang memicu keganasan sel kulit.

9. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Sesuai

Penggunaan produk perawatan seperti pelembap, krim malam, dan krim siang dapat menjaga kesehatan kulit. Pilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit untuk hasil yang optimal. (/* halodoc.com – Antarpapua.com)