Inspektorat Sosialisasikan Manajemen Resiko Bagi Pimpinan OPD di Mimika

  • Bagikan
Foto bersama sosialisasi manajemen resiko di Hotel Horison Ultima, Selasa (2/4/2024). (Foto: Acel/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Inspektorat Mimika sosialisasikan manajemen resiko pagi para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Sosialisasi ini digelar di Hotel Horison Ultima selama dua hari yakni, Selasa (2-3/4/2024) dihadiri oleh pejabat Pemda Mimika. Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten II Setda Mimika, Willem Naa.

Tujuan kegiatan ini sesuai dengan amanat undang-undang di mana,
setiap instansi pemerintah baik pusat dan daerah, diwajibkan mengendalikan sistem penerapan manajemen resiko.

Asisten II Setda Mimika, Wilem Naa menyebut, sosialisasi manajemen resiko ini menjadi bahan perhitungan di pemerintahan serta mewujudkan kelola yang baik.

Baca Juga |  PBJ Mimika Catat Paket Program OPD yang Telah Selesai Tender Sebanyak 157

“Jadi di dalam ilmu manajemen dikenal dengan nama resiko, karena perencanaan kegiatan harus dimasukkan unsur resiko,” kata Wilem kepada Antarpapua.com saat membacakan sambutan Bupati Eltinus Omaleng.

Ia mengatakan, pelaksanaan dan keputusan di dalam manajemen resiko dalam konteks konsisten untuk pencapaian tujuan, serta mengurangi dampak merugikan bagi organisasi.

“Jadi manajemen resiko berfungsi menjalani sasaran organisasi hingga mencapai tujuan. Manajemen resiko ini dapat mengendalikan segala sesuatu didukung dengan penyusunan sesuatu kebijakan,” katanya.

Willem menjelaskan, fungsi lain manajemen resiko digunakan sebagai dasar memprediksi bahaya atau hal lain yang tidak menyenangkan.

Baca Juga |  Kinerja OPD Pemkab Mimika Dapat Nilai C Dari Kemenpan RB

“Saya harap, kegiatan ini dapat diikuti ini dengan baik oleh semua peserta. Ini sangat penting untuk mengantisipasi kepada para pimpinan OPD untuk melakukan perencanaan dan menghindari segala resiko yang ada,” tandasnya.

(Penulis : Acel | Editor : Sianturi)

  • Bagikan