Mimika  

Jabatan Komisioner KPUD Mimika Disertijabkan

Antar Papua
Foto bersama Mantan Komisioner KPU Mimika Periode 2019 - 2024, dan 2024 - 2029, di Ballroom Diana Hotel, Jalan Budiutomo Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Selasa (6/2/2024). (Foto :Anis/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika menggelar serah terima jabatan (Sertijab) periode 2019-2024 dan periode 2024-2029.

Momen sertijab Komisioner KPUD Mimika itu berlangsung di Ballroom Diana Hotel, Jalan Budi Utomo Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Selasa (06/02/2024).

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Rony Roberth Toisutha dalam sambutannya mengatakan, momen ini merupakan kebersamaan bersama komisioner lama, dan bahagia menyambut komisioner baru, yang baru dilantik pada waktu lalu di Jakarta.

“Acara inipun kita rangkaikan dengan doa bersama. Ide ini datang dari FKUB, karena setelah deklarasi, ada instruksi dibatalkan hanya di pusat, dan inilah momennya, sebab ke depan waktu semakin mepet,” katanya.

Sementara itu Luther Beanal mantan komisioner KPU Periode 2019-2024
dalam sambutannya mengucapkan, rasa terima kasihnya kepada seluruh Partai Politik, Forkopimda yang telah berkolaborasi dalam menjalankan tahapan Pemilu selama ini.

“Tahapan sudah dekat, tongkat estafet diberikan kepada komisioner baru, H-7 sudah distribusi logistik. Kesuksesan Pemilu ada di tangan kita semua,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf, jika ada salah selama menjalankan tugas sebagai komisioner KPU Mimika.

Laurensius Minikbo, dalam sambutannya berpesan agar tetap jaga kesehatan, karena dengan badan yang sehat, maka semua tahapan bisa berjalan dengan baik.

“Ada tiga pasal yang memang harus diketahui dalam devisi ini yaitu UU Nomor 7 Pasal 18,19 dan 20 yang diatur dalam Pasal 18 yaitu tentang tugas KPU kabupaten/kota, Pasal 19 terkait kewenangan dan Pasal 20 tentang kewajiban, ini yang selalu dijadikan pedoman selama menjalankan tahapan,”terangnya.

Kata dia, komisioner selalu dituntut menjalin koordinasi yang baik. Ia juga menyampaiikan permohonan maaf, jika ada salah selama menjalankan tugas.

Kemudian, Fidelis Piligame mengatakan, tahapan pemilihan ini tidak sama seperti tahapan sebelumnya.

“Artinya bahwa perhari ini KPU telah melakukan sistem digitalisasi, untuk itu suksesnya Pemilu di Papua Tengah dilihat dari suksesnya Nabire dan Mimika, sebab hasil akhir suara akan terlihat langsung dari sistem Sirekap dan dapat dilihat langsung di KPU RI,”ujarnya.

Katanya, sejauh ini belum berjalan maksimal, terkhusus di wilayah terpencil, beda dengan wilayah perkotaan yang akses jaringan baik, sehingga informasi Sirekap ini bisa langsung terbaca.

“Pesan saya kepada staf, mereka ini adalah orang-orang yang selalu ada buat kami komisioner,” ungkapnya.

Selain itu, Atinus Alom mengatakan, tahapan Pemilu berjalan baik karena adanya penyelenggaraan hingga tingkat distrik, PPD harus terus berkolaborasi dengan PPS dan KPPS.

“Pastikan masing-masing wilayah harus aman, jangan sampai ada potensi PSU,” pesannya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Mimika Periode 2024-2029, Dete Abugau dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih pada Komisioner KPU lama dan memberikan apresiasi kepada komisioner lama, yang sudah mengerjakan tahapan demi tahap. Begitupun semua unsur Forkopimda dan instansi teknis, yang sudah banyak membantu mensukseskan tahapan Pemilu.

Iapun berterima kasih karena kerja sama semua pihak, sehingga semua tahapan berjalan aman.

Untuk diketahui, bahwa struktur Komisioner periode 2024-2029 yakni,
Dete Abugau, Ketua, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy (Divisi Teknis), Hironimus Kia Ruma (Divisi Hukum), Budiono (Divisi Data), dan Delince Somou (Divisi Logistik).

(Penulis : Anis | Editor : Sianturi)

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News