Kapolda Papua: Akan Kirim Perkuatan Personel Untuk Back Up Penyelidikan di Intan Jaya

Antar Papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, SIK. (Foto: IST POLDA PAPUA For Antarpapua.com)

Jayapura, Antarpapua.com– Terkait dengan beberapa kejadian yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, SIK mengatakan akan mengirimkan tim Satgas Damai Cartenz 2024 untuk mem-back up proses penyelidikan dan penyidikan.

“Akan kita perkuat dari pihak keamanan termasuk dalam waktu dekat dari Tim Satgas Damai Cartenz 2024, saya minta untuk mem-back up Polres dahulu supaya proses-proses penyelidikan dan penyidikan berjalan sebagaimana kita diharapkan,” ucap Kapolda Papua kepada awak media di wawancarai di Lobby Utama Polda Papua, Selasa (23/01/2024).

Kapolda juga meminta Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri, SIK untuk mengambil keterangan sebanyak-banyak dari masyarakat ataupun saksi yang ada di TKP.

“Proses penyelidikan tersebut telah berjalan, saya minta untuk tidak ada lagi yang dipelintir dengan isu-isu lain yang tidak berdasar,” ungkap Kapolda.

Baca Juga |  Aksi Cepat Polres Supiori, 2 Tersangka Kasus Pencurian Inventaris Pariwisata Berhasil Ditangkap

Lebih lanjut, ia berharap situasi di wilayah hukum Polda Papua bisa dijaga kondusivitasnya. Karena kurang beberapa hari, kegiatan pendistribusian logistik Pemilu akan berlangsung.

“Untuk Polres Intan Jaya tentunya saya akan mengirim perkuatan perbantuan apa yang saya sampaikan dalam rangka penyelidikan secara menyeluruh, terkait dengan dua kasus yang terjadi kemarin,” tuturnya.

“Supaya fakta-fakta hukum yang nanti kita sampaikan kepada publik tidak adanya simpang siur berita yang tidak berdasar, sesuai fakta-fakta dari penyeldikan pihak Kepolisian,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Jumat (19/01/2024) Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), melakukan penyerangan terhadap pihak keamanan yang menyebabkan satu personel Operasi Damai Cartenz 2024, Bripda Alfandi Steve Karamoy meninggal dunia.

Baca Juga |  Polda Papua Imbau Masyarakat Tetap Tertib Pasca Pemakaman Jenazah Almarhum Lukas Enembe

Tak hanya itu, KKB juga melakukan aksinya kembali pada Sabtu (20/01/2024) yakni melakukan pembakaran terhadap salah satu rumah Dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah tersebut.

(Penulis : Humas Polda Papua Editor : Sianturi)

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News