Kapolri Terus Upayakan Perbaikan Indeks Persepsi Korupsi

  • Bagikan
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo didampingi Menkeu Sri Mulyani pada konfers di Jakarta, Kamis (14/09/2023). (HUMAS POLDA PAPUA)

Jakarta, Antarpapua.com – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menyatakan, Polri selalu berupaya memperbaiki Indeks Persepsi Korupsi (IPK). Sebagaimana sebelumnya diumumkan salah satu lembaga survei transparansi internasional menyatakan, IPK Indonesia menurun.

Dalam upaya memperbaiki hal itu, Jenderal Sigit menggelar seminar yang diselenggarakan oleh Satgas Pencegahan Korupsi mengenai evaluasi dalam proses ekspor dan impor. Hal itu dilakukan, guna mencegah masih adanya celah-celah perbuatan melanggar hukum dalam proses ekspor-impor.

“Untuk melakukan perbaikan terhadap indeks presepsi korupsi, yang beberapa waktu lalu telah disampaikan oleh salah satu lembaga survei transparansi internasional di mana poin poin temuan itu, harus kita jawaban dengan melakukan perbaikan-perbaikan,” ujar Kapolri dalam konferensi pers, Kamis (14/09/23).

Baca Juga |  Komitmen Berantas Mafia Bola, Polri Tetapkan 6 Tersangka Match Fixing Liga 2

Tak dipungkiri Jenderal Sigit, banyak hal yang perlu diperbaiki, namun seluruh stakeholder harus bersinergi untuk memperbaikinya. Dengan begitu, diharapkan IPK akan semakin baik lagi.

Terkait dengan ekspor-impor, Kapolri memaparkan, kegiatan tersebut mempengaruhi nilai Indonesia di mata internasional. Bahkan, menjadi tolak ukur investasi masuk ke dalam negeri.

“Ini akan mempengaruhi penilaian internasional terhadap kemudahan berusaha dari negara maju, untuk terus menerus meningkatkan investasi tentunya juga menjaga dan mengawal ekspor impor,” jelasnya.

Lebih lanjut Jenderal Sigit mengungkapkan, berdasarkan data Kementerian Keuangan, terdapat fenomena banjirnya barang masuk ke Indonesia akibat dari konstelasi global. Akibatnya, kondisi industri dalam negeri harus bersaing dan dioptimalkan.

“Di sisi lain postur negara postur APBN kemudian potensi kebocoran dan juga income bagi negara, baik dari sektor pajak dan sektor lain bisa kita perkuat, sehingga pondasi Indonesia tetap kuat dan ke depan akan semakin baik. Mudah mudahan kegiatan ini bermanfaat,” ungkap Kapolri.

Baca Juga |  Cara Irjen Dedi Rawat Mental Pegawai Negeri Polri Guna Cegah Aksi Bunuh Diri

(Penulis : Humas Polda Papua Editor : Sianturi)

  • Bagikan