Kasus DBD di Puskesmas Kwamki Baru Timika Sudah Turun

Antar Papua
Pj Promosi Kesehatan ( Promkes) Puskesmas Kwamki Baru, Gusty Ngofangare, SKM. (Foto: Itha/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Penyakit Demam Berdarah khususnya di Puskesmas Kwamki Baru terdata sudah mulai menurun, dan untuk Bulan Januari 2024 ini yang sedang berjalan, masih terdata 2 orang.

Pj Promkes Puskesmas Kwamki Baru, Gusty Ngofangare, SKM, menjelaskan, data-data demam berdarah di Puskesmas Kwamki Baru, totalnya ada 125 orang. Di Bulan November 2023 ada 14 Orang, Desember 2023 ada 12 orang dan untuk Bulan Januari 2024 ada 2 orang, dengan rentang usia 7-16 tahun. Kata Gusty saat ditemui Antarpapua.com, di ruang laboratorium Puskesmas Kwamki Baru, Jalan Trikora, Sabtu (06/01/2024).

Baca Juga |  Kasus DBD Marak, Legislator Komisi C Desak Dinkes Rutin Lakukan Fogging

“Untuk Bulan Januari 2024 ini kasus demam berdarah masih 2 orang, dan baru saja terdata kemarin dan belum ada tindak lanjut dari puskesmas. Dan juga belum survei ke rumah sakit, baru dilaporkan dari Dinas Kesehatan”, jelasnya lagi.

“Dan kami rencana menyurat hari ini, tetapi hari ini kelurahan tutup karena hari Sabtu. Jadi hari Selasa baru kami intervensi, untuk pengasapan”, ujarnya.

Upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh Puskesmas, dengan melakukan pemetaan vektor serta pemberian bubuk Abate, melakukan pengasapan atau foging pada kasus DBD yang ditemukan, serta melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat melalui penyuluhan mobile dan pemanfaatan media.

Baca Juga |  Bulan Mei Hingga Awal Juni RSUD Catat 46 Orang Terserang Demam Berdarah

(Penulis : Itha | Editor : Sianturi)

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News