Mimika  

KPU Gelar Rakor Pemilu Bersama Forkopimda Kabupaten Mimika

Antar Papua
Suasana Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Kabupaten Mimika. (Foto: Itha/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU), bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Mimika, menggelar rapat koordinasi pelaksaan Pemilu/Pilkada tahun 2024.

Rapat dilaksanakan di ruang rapat lantai 5 Hotel Horison Diana Timika di Jalab Budi Utomo, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Selasa,(16/01/2024).

Rapat dihadiri oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Kapolres Kabupaten Mimika, Dandim 1710 Kabupaten Mimika, Kepala Kejaksaan Negeri kabupaten Mimika, DanLanud Kabupaten Mimika, Kepala Kesbangpol Kabupaten Mimika, Danlanal Kabupaten Mimika, Danbrigif Kabupaten Mimika, Kepala Dinas Satpol PP.

Rapat Koordinasi dibuka oleh Ketua KPU Mimika, Luther Beanal.

“Dengan ini kami adakan rapat koordinasi ini dengan penyampaian-penyampaian, yang akan disampaikan oleh setiap divisi sesuai dengan kesiapannya untuk penyelenggaraan Pemilu. Bisa memberikan masukan, bisa mendiskusikan dalam mencapai Pemilu di Kabupaten Mimika aman dan damai. Kami juga meminta kepada Bupati Mimika untuk memberikan arahan,” ujarnya.

Pj Sekda Kabupaten Mimika kabupaten Mimika, Robert Mayaut, dalam arahannya yang diwakili oleh Asisten III Mimika Bidang Administrasi, Anace Hombore menyampaikan, dalam persiapan pemilihan umum 2024, arahan pemerintah daerah, segala yang disiapkan untuk 1 bulan ke depan harus dipersiapkan dengan baik dan benar agar berhasil untuk melakukan pemilihan umum nanti.

Baca Juga |  KPU Mimika: Masih Ada Satu Caleg TMS, Waktu Pengajuan Calon Pengganti Tinggal Dua Hari

“Dan untuk penegak hukum agar dapat mempersiapkan segala sesuatu dalam memasuki pemilihan umum ini. Boleh dilaksanakan dengan mengarahkan situasi keamanan itu dapat berjalan dengan baik, maka semua itu menjadi harapan kita bersama,” ujarnya lagi.

Ada beberapa penyampaian dari beberapa divisi yaitu, keuangan dan logistik, divisi data untuk persiapan, divisi teknis penyelenggaraan pemilu, dan divisi hukum.

Dan beberapa penyampaian terkait penyelenggaraan Pemilu 2024, yang membantu Bawaslu adalah TNI, Polri dan yang mengawasi badan pemilu adalah Bawaslu.

Jadi, semuanya punya peran penting untuk sukseskan jalannya Pemilu di Mimika ada di tangan semua pihak berkepentingan yang ada.

Untuk data pemilih pemilu 2024, Totalnya 236.995 pemilih, untuk pemilih laki-laki ada 130.865 dan untuk pemilih perempuan ada 106.130 pemilih.

Kelompok pemilih berdasarkan umur ada 4 yaitu; Gen Z(13 tahun ke bawah 11%, Gen Milenial ( 20-31 tahun 23%, Gen X(22-41 tahun) 84%.

Jumlah TPS dan Pemilih berdasarkan Kategori TPS; TPS Reguler ada 905 TPS dengan 223.340 pemilih, TPS Khusus 2 TPS dengan 314 pemilih, PT.Freeport Indonesia 48 TPS dengan 13.341 pemilih. Sedangkan jumlah surat suara ada 241.735,

Baca Juga |  Dalam Rangka Penetapan Daftar Pemilih Tetap, KPU Mimika Gelar Rapat Pleno

Penyampaian hasil rekapitulasi, PPD wajib menyerahkan kepada KPU kabupaten/kota, surat suara Pemilu presiden dan wakil presiden serta pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD dari TPS dalam kotak suara tersegel, serta berita acara rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan sertifikat.

Dari teknis logistik akan memberikan Bimtek Kepada TNI, Polri, dan untuk pencoblosan nanti akan menggunakan KTP sebagai salah satu persyaratan.

Kendala yang terjadi selama pencoblosan, harus dikoordinasikan dengan kepala kampung atau kepala distrik.

Dari Divisi Logistik menyampaikan, terkait pendistribuan lokasi, KPU tidak akan melakukan pergeseran, dan itu akan disampaikan oleh pihak ketiga.

(Penulis : Itha | Editor : Sianturi)