KPU Mimika Libatkan Warga Lipat Suara

  • Bagikan
Potret Warga saat melipat surat suara di halaman Kantor KPU Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Jalam Hasanuddin, Jum'at (19/1/2024).

Timika, Antarpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah melibatkan warga untuk melipat surat suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat alias DPR.

Pantauan di lokasi, Pelipatan surat suara itu dilakukan di depan halaman kantor KPU Mimika, Provinsi Papua Tengah, Jalan Hasanuddin, Jum’at (19/1/2024).

Surat suara yang dilipat itu terdiri dari DPR RI dan DPRD Provinsi. Untuk DPR RI telah rampung kemarin, sehingga hari ini dilanjutkan melipat surat suara DPRD Provinsi.

Sekretaris KPU Mimika, Ronny Toisutta melalui Bidang Umum, Keuangan dan Logistik Sukmawati Deno mengatakan, dalam pelipatan surat suara yang melibatkan warga itu, dilakukan rekrutmen tenaga pelipat dari internal KPU.

“Dengan syarat harus berdomisili di Kabupaten Mimika dengan usia di atas 17 tahun,” ujarnya saat ditemui wartawan di Kantor KPU Mimika, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga |  KPU Mimika Terima Kotak Suara Pemilu 2024

Kata dia, jumlah tenaga yang melipat surat suara hari ini ada sekitar 250-an orang, dan ditargetkan besok sudah rampung.

“Pelipatan surat suara ini ditargetkan akan selesai besok. Ya, saat ini yang ditargetkan adalah surat suara provinsi. Kalau kabupaten belum,” katanya.

Untuk upah yang diterima tenaga lipat tersebut Rp 511 per surat suara, yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Satu orang ditargetkan minimal melipat satu karton kotak suara dengan batas 4 karton. Jumlah satu karton itu kurang pasti, ada yang 500, ada yang 498, ada yang 502,” ucapnya.

Jumlah surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi sama dengan Presiden dan DPD RI yakni 242.224 ribu, dengan total yang telah tersedia 481 koli dari total semua 485 koli.

Baca Juga |  Otsus, Perempuan dan Keterlibatannya Dalam Dunia Politik di Kabupaten Mimika

Salah seorang tenaga lipat, Bilarmino Boby mengatakan senang turut terlibat dalam pelipatan surat suara, dan hari ini merupakan hari ketiga dia dalam melipat surat suara, setelah sebelumnya juga melipat surat suara DPR RI.

“Hari pertama kami berdua lipat surat suara DPR RI 3 karton. Hari kedua kami hanya dua karton karena terbatas dan kami hanya kebagian dua,” pungkasnya.

(Penulis : Anis | Editor : Sianturi)

  • Bagikan