KPU Mimika Mulai Distribusi Logistik ke Daerah Rawan

Antar Papua
Pengangkutan Logistik menggunakan kendaraan roda empat, dari eme neme yauware menuju bandara Timika Papua. (Foto: Istimewa For Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika tengah melakukan pendistribusian logistik Pemilu 2024. Seperti pleno sebelumnya, pendistribusian logistik diutamakan ke daerah pesisir dan pegunungan.

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau mengatakan, kali ini dimulai dengan pendistribusian logistik ke Distrik Alama yang terdiri dari 15 TPS.

“Per hari ini, kita distribusi khusus ke Distrik Alama. Dan kemarin dengan pleno bahwa distrik-distrik terjauh seperti pesisir pantai gunung, itu diutamakan. Dan sebentar jam 12 siang kita antar untuk pesisir pantai,” ujar Dete saat dijumpai di pelataran Gedung Eme Neme Yauwure, Sabtu (10/02/2024)

Pendistribusian kali ini, menurut Dete, melibatkan semua stakeholder. Dalam hal ini, khusus untuk Distrik Alama dan Hoeya, sesuai dengan surat masukan dari masyarakat dan tokoh-tokoh, bahwa pendistribusian logistik dikawal khusus oleh tokoh masyarakat dan pihak gereja.

Baca Juga |  KPU Mimika Libatkan Warga Lipat Suara

“Hanya untuk pendistribusian logistik ke Alama dan Hoeya saja. Kalau di tempat lain itu tetap pengamanan,” tegas Dete.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, SH SIK menjelaskan, kalau Alama dan Hoeya memiliki pengamanan khusus. Dia juga mengingatkan bahwa untuk strategi pengamanan ke daerah rawan ini, tidak bisa dibukakan di publik dengan alasan, jika dipublikasikan akan menimbulkan persepsi lain.

“Jadi saya belum bisa sampaikan di sini dan akan menjadi konsumsi kami sendiri. Yang jelas untuk hari ini kita sudah mulai melakukan pendistribusian logistik khususnya di daerah pesisir dan pegunungan,” terangnya.

Proses pendistribusian dilakukan dari Gedung Eme Neme Yauware tempat penyimpanan logistik dan dilakukan pengangkutan menggunakan roda empat, dengan mendapat pengawalan TNI-Polri ke Bandara Mozes Kilangin.

Baca Juga |  KPU Mimika Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula Tingkat SMA/SMK

Selanjutnya logistik tersebut yaitu 75 kotak suara akan diterbangkan menggunakan helikopter, yang sudah disediakan pihak ketiga yakni PT Baliem Papua ke Distrik Alama.

(Penulis : Itha | Editor : Sianturi)

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News