KPU Papua Tengah Dampingi Tahapan Penyiapan Penyelenggara Pemilu di Tingkat KPPS di Mimika

  • Bagikan
Komisioner KPU Provinsi Papua Tengah, Divisi Teknis, Indra Ebang Ola, Kamis (25/01/2024). (Foto: Anis/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Tengah, dampingi langsung tahapan penyiapan penyelenggara Pemilu di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Mimika.

Komisioner KPU Papua Tengah Divisi Teknis yang juga selaku Koordinator Wilayah Timika, Indra Ebang Ola saat ditemui di Gedung Tongkonan Jalan Sam Ratulangi Timika, Kamis (25/1) mengatakan, pihaknya akan mendampingi tahapan tersebut mulai dari pelantikan hingga bimbingan teknis para anggota KPPS.

“Kami dampingi teman-teman di 8 kabupaten/kota untuk memastikan bahwa semua proses berjalan sesuai dengan ketentuan dan harapan, serta memastikan seluruh KPPS khususnya di Mimika itu ditumbuh kembangkan semangat nilai-nilai kode etik, dan juga kemampuan tugas utama KPPS pada saat proses pelaksanaan Pemilu,”katanya.

Menurutnya, dalam tahapan penyiapan penyelenggara Pemili di tingkat KPPS hal yang paling ditekankan adalah pada saat penguatan kapasitas kemampuan pengetahuan.

Baca Juga |  Pembangunan Tahap 1 Kantor KPU Mimika Selesai Lebih Cepat dari Target

“Agar mereka mampu melaksanakan tugas, fungsi dan kedudukannya. Pada saat persiapan, memberitahukan kepada pemilih, menyiapkan pemungutan suara, proses pemungutan perhitungan sampai pada pleno yang berjenjang,”ujarnya.

Lanjut kata Indra, Bimtek diberikan kepada KPPS agar teknis-teknis pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara dan persiapan Pemilu, dapat dimengerti dan dipersiapkan secara baik.

“Bimbingan teknis dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dan pengetahuan. Selain itu juga kita menanamkan sikap mental dan moral, sehingga mereka melaksanakan tugas mengedepankan prinsip-prinsip Pemilu yaitu mandiri, independen dan integritas dan juga mereka juga harus memahami tentang kode etik, dan kode perilaku penyelenggara Pemilu yang harus dijaga agar betul-betul proses ini berjalan dengan adil, terbuka dan jujur untuk memenuhi harkat dan martabat demokrasi dan kepentingan seluruh masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya,”jelasnya.

Ia menambahkan, selain proses tahapan tersebut, untuk KPU sendiri sementara melakukan sortir lipat menyiapkan surat suara dan sisa-sisa logistik untuk memastikan logistik di 8 kabupaten/kota, supaya pada saat pendistribusian itu tepat jumlah, jenis, sasaran dan waktu.

Baca Juga |  KPU Mimika: Masih Ada Satu Caleg TMS, Waktu Pengajuan Calon Pengganti Tinggal Dua Hari

“Sehingga problem-problem di lapangan terkait logistik surat suara, alat-alat kelengkapan dan form-form yang dibutuhkan pada saat hari H rekapitulasi, semua betul-betul sesuai dengan kebutuhan di masing-masing TPS. Juga termasuk data pemilih yang memang lagi disiapkan dan kami yakin, kita sudah siapkan semuanya dan akan berjalan dengan jadwal dan tahapan dan sesuai keinginan kita semua,”ujarnya.

(Penulis : Anis | Editor : Sianturi)

  • Bagikan