Lukas Enembe Meninggal Dunia, Tokoh Adat Imbau Jaga Kamtibmas Jayapura

Antar Papua
Tokoh Adat Papua Yanto Eluay. (IST HUMAS POLDA PAPUA)

Jayapura,Antarpapua.com – Tokoh Adat Papua Yanto Eluay meminta masyarakat dapat menjaga keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Jayapura, yang saat ini masih suasana perayaan Natal 2023.

“Imbauan ini kami lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika jenazah almarhum Bapak Lukas Enembe tiba di Bandara Sentani dan diarak oleh keluarga beliau,” kata Tokoh Adat Papua Yanto Eluay dikutip dari laman ANTARA, Selasa (26/12/2023).

Menurut Eluay, Kabupaten Jayapura adalah rumah besar bagi semua masyarakat dari berbagai suku di Indonesia, sehingga keharmonisan dan kedamaian itu tetap dijaga.

“Ini masih suasana Natal sehingga kedamaian dan suka cita kelahiran Kristus patut kita syukuri dan hayati sebagai introspeksi diri ke depan, kedamaian harus kita jaga di sini,” ujarnya.

Baca Juga |  Penuh Meriah, Polres Tolikara Berikan Kejutan dalam Peringatan HUT TNI ke-78 di Kodim 1716/Karubaga

Dia menjelaskan, masyarakat adat di Kabupaten Jayapura menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, persaudaraan, kedamaian, serta cita kasih.

“Siapapun dia orang yang datang dan tinggal di Kabupaten Jayapura harus menghargai nilai-nilai luhur masyarakat adat di sini, dengan tetap menjaga kedamaian. Apalagi ini masih suasana Natal,” katanya.

Dia menambahkan Tuhan yang memberi nafas kehidupan sehingga kapan saja diambil, harus tabah dan ikhlas atas takdir kehendak yang maha kuasa.

“Jangan ada masyarakat yang menganggap hidup dan mati manusia ditentukan oleh manusia lainnya, itu salah. Karena setiap yang bernyawa pasti akan meninggal dengan caranya masing-masing sebab telah digariskan oleh Allah,” ujarnya.

Imbauan disampaikan karena Yanto Eluay khawatir saat penjemputan jenazah almarhum Lukas Enembe di Bandara Sentani, dan diarak ke tempat disemayamkan akan terjadi anarkis dan perusakan fasilitas umum oleh keluarga maupun simpatisan almarhum.

Baca Juga |  Seleksi Sespimen Polri 2024, Sebelas Pamen Polda Papua Jalani Tes Kesamaptaan

(Penulis : Humas Polda Papua Editor : Sianturi)

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News