HEALTH  

Manfaat Teh Tawar bagi Kesehatan

Antar Papua
(Foto: Internet)

Antarpapua.com – Teh tawar merupakan teh yang dikonsumsi tanpa tambahan bahan lainnya, seperti gula atau susu. Minuman ini bahkan hampir tidak memiliki kalori, tetapi manfaatnya untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari merilekskan tubuh, menurunkan kolesterol, hingga mencegah terjadinya kanker.

Ada beragam jenis teh yang dapat dinikmati, mulai dari teh hijau, teh hitam, teh oolong, hingga teh herbal. Beberapa contoh teh herbal yang kaya akan manfaat antara lain adalah teh chamomile, teh lavender, atau teh peppermint.

Meski semua jenis teh tersebut nikmat diminum dalam keadaan manis, tetapi mengonsumsi teh tanpa pemanis lebih direkomendasikan. Pasalnya, mengonsumsi teh dengan tambahan pemanis dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan gigi.

Selain itu, mengonsumsi teh dengan tambahan pemanis juga memiliki kandungan kalori lebih banyak yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Sementara mengonsumsi teh tawar tidak akan menambah asupan kalori sekaligus memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Beragam Manfaat Teh Tawar

Selain terasa nikmat dan tidak menambah kalori, mengonsumsi teh tawar juga baik untuk kesehatan. Manfaat-manfaat mengonsumsi teh tawar diperoleh dari berbagai kandungan teh itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat teh tawar yang bisa Anda peroleh:

1. Membuat tubuh relaks

Mengonsumsi teh tawar dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks. Hal ini tidak lepas dari kandungan L-theanin di dalam teh yang dalam merelaksasi tubuh.

Tak hanya itu, L-theanin juga memberikan manfaat lain, seperti meredakan stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan fungsi otak. Manfaat teh tawar tersebut dapat Anda temukan di teh hijau, teh hitam, maupun teh herbal seperti chamomile, lavender, dan mint.

Baca Juga |  Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

2. Mengontrol kadar gula darah

Kebiasaan mengonsumsi teh tawar juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan polifenol yang ada pada beberapa jenis teh, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh oolong, mampu meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh. Hal ini akan membuat kadar gula darah menjadi lebih terkontrol.

Tidak hanya itu, polifenol yang terkandung dalam beberapa jenis teh bahkan dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi teh tawar adalah mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Manfaat ini didapatkan dari kandungan polifenol dalam teh yang diduga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Jenis teh tawar yang bisa Anda konsumsi sebagai obat penurun kolesterol alami adalah teh hitam dan teh hijau.

4. Mencegah serangan jantung

Mengonsumsi teh tawar secara rutin mampu memperlancar peredaran darah. Pasalnya, kandungan polifenol dalam teh dapat mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah. Selain itu, polifenol juga mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang bermanfaat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung.

Teh hijau, teh hitam, dan teh oolong adalah beberapa jenis teh yang bisa Anda konsumsi untuk memaksimalkan manfaat teh tawar dalam mecegah terjadinya serangan jantung.

Baca Juga |  Memahami Hipertensi: Penyebab, Gejala, dan Langkah Pencegahan

5. Mencegah kanker

Teh sudah dikenal sebagai salah satu minuman yang mampu mencegah kanker. Kandungan polifenol dan antioksidan yang terdapat di teh diketahui mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat ini bisa Anda peroleh terutama dari teh hijau dan teh hitam.

Meski memiliki beragam manfaat, tetap pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebih. Batas konsumsi teh yang dianjurkan adalah 2–3 cangkir sehari. Jangan minum teh melebihi jumlah tersebut, terutama jika Anda sedang hamil atau menderita sakit maag.

Selain itu, teh tawar mengandung kafein. Mengonsumsi berkafein secara berlebihan juga berisiko menyebabkan efek sampingmeliputi,sakit kepala, mual, gelisah, dan insomnia.

Mengonsumsi teh tawar yang telah menjadi kebiasaan beberapa orang di Asia memang bisa membawa banyak manfaat, tetapi tetap perhatikan takaran yang disarankan. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit darah tinggi maupun susah tidur, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke dokter sebelum minum teh tawar agar manfaatnya bisa tetap diperoleh tanpa memperparah kondisi Anda.

(*alodokter.com/Antarpapua.com)