Marak Kasus Kekerasan dan Pencabulan, Kapolres Imbau Orang Tua Tegas Terhadap Anak

Antar Papua
Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putera. (Foto: Wahyu/antarpapua.com).

Timika, Antarpapua.com – Kepala Kepolisian Resor Mimika, AKBP I Gede Putera, SIK mengimbau kepada para orang tua, agar lebih tegas dan meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya.

Pernyataan ini disampaikan Kapolres buntut maraknya kasus kekerasan seksual dan pencabulan terhadap anak di bawah umur, dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir di tahun 2023.

Disebutkan, meningkatnya kasus kekerasan seksual dan pencabulan terhadap anak ini dalam satu bulan, bisa mencapai 4 hingga 5 kasus yang ditangani polisi.

Kapolres mengatakan, sangat disayangkan kasus-kasus tersebut justru menyeret anak-anak di bawah umur sebagai korban.

“Seharusnya mungkin mereka serius, fokus untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Mungkin karena masih lemahnya pengawasan orang tua. Ya di luar jam belajar mengajar, di luar jam sekolah, terkadang si anak ini melakukan tindakan-tindakan yang akhirnya berujung pada perbuatan yang merugikan si korban sendiri,” terang Kapolres kepada wartawan di Swiss-Bellin Hotel Timika, Jum’at (22/09/2023).

Baca Juga |  Kapolres Imbau Masyarakat Tidak Terprovokasi Isu Gangguan Kamtibmas Yang Beredar

Kapolres Meminta kepada orang tua, agar lebih meningkatkan pengawasan dan edukasi yang baik kepada anak-anaknya di luar jam sekolah, sebagai upaya pencegahan atas tindakan-tindakan tersebut.

Sementara itu, sebagai langkah-langkah pencegahan, kata Kapolres pihaknya juga terus melaksanakan sosialisasi di sekolah-sekolah dan juga di kalangan masyarakat, agar memberikan edukasi dan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait tindakan tak senonoh itu.

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News