Masuk Usia Tiga Tahun, Pengurus YPTP Ceritakan Cikal Bakal Berdirinya Yayasan

  • Bagikan
Potret Pembina dan Ketua Yayasan Pengembangan Talenta Papua (YPTP), Abraham Timang dan Pastor Didimus Kosi OFM, saat meniup lilin, Jum'at (15/12/2023). Foto: Anis/Antarapua.com

Timika, Antarpapua.com – Mensyukuri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3, Pengurus Yayasan Pengembangan Talenta Papua (YPTP) menyampikan cikal bakal berdirinya YPTP.

Abraham Timang selaku pembina YPTP menceritakan, berdirinya YPTP berawal dari melihat banyaknya generasi muda yang putus sekolah (nganggur).

“Perjalanan Yayasan Pengembangan Talenta Papua ke 3 tahun ini karena melihat generasi muda yang putus sekolah. Tuhan menciptakan mereka dengan talenta masing masing namun tidak ada yang mengarahkan mereka, kondisi riil, namun belum ada yang tergerak hatinya untuk melihat mereka,”ungkap Abraham pada wartawan saat ditemui di Kantor YPTP, Jalan Irigasi Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Jum’at (15/12/2023).

Lanjut Abraham, melihat kondisi ini maka tergerak hati dibentuklah yayasan ini. Saat ini mebeler kursi sofa menjadi ketrampilan yang diambil, mengingat bahan baku yang melimpah sehingga menjadi prioritas YPTP.

“Peserta yang tergabung sekitar 300-an orang, namun yang masih aktif sebanyak 30 an. Beberapa faktor yang menjadi kendala, ini sebagai tantangan sehingga apapun yang terjadi, sesuai misi kemanusiaan maka program ini tetap berjalan,” tandas Timang.

Sementara itu Ketua Yayasan YPTP di Timika, Pastor Didimus Kosi, OFM, mengatakan, yayasan ini didirikan berdasarkan permasalahan generasi muda Mimika Wee dan Amungme,.

“Maka tergerak hati mendirikan YPTP untuk mendidik mereka ke depan, bisa berkembang secara individu,” ungkap Pastor Didimus.

Kata Pastor Didimus, ke depan pihaknya berharap ada dukungan dari pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab, untuk mendidik ganerasi Amor melalui yayasan ini, sehingga mereka (Amor) ke depan untuk dikembangkan telenta mereka.

“Pemda perlu peduli terhadap generasi Papua, sehingga tahun 2024 mendatang bisa memberikan perhatian lebih lagi .

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada YPMAK dan Freeport yang selama ini sudah turut membantu kami,”ungkapnya.

“Rencana kami akan dilanjutkan di Semarang. Artinya anak-anak didikan ini ditingkatkan lagi skill di luar Timika,” ujarnya.

Pantauan Antarpapua.com, dalam rangka mensyukuri HUT YPTP ke-3 tahun ini, diawali dengan ibadah syukuran yang dipimpin langsung Pastor Didimus Kosi OFM, dan dilanjutkan dengan peniupan lilin dan pemotongan kue ulang tahun.

(Penulis : Anis | Editor : Sianturi)

  • Bagikan