Menjelang Pemilu 2024, Tokoh Agama Papua Ajak Masyarakat Jaga Persatuan

  • Bagikan
Ust Ismail Asso. (Foto: IST HUMAS POLDA PAPUA For Antarpapua.com)

Jayapura, Antarpapua.com – Tokoh Agama Islam Papua, Ustad Ismail Asso, memberikan tanggapannya mengenai persiapan Pemilu 2024 yang semakin dekat. Dalam keterangannya, Ustad Ismail menyampaikan keyakinannya bahwa Pemilu di Papua akan berjalan dengan aman dan damai.

Ia mengimbau semua pihak terutama kontestan, partai politik, dan masyarakat untuk menjaga kedamaian dan menghindari konflik antarpendukung. Ustad Ismail menekankan pentingnya kesadaran semua calon, baik calon gubernur maupun bupati, untuk menjaga agar proses Pemilu tidak memicu konflik horizontal di masyarakat.

“Kami meminta para calon dan oknum terkait untuk menghindari potensi konflik, terutama terkait hasil verifikasi atau kekalahan. Saya menekankan agar elit politik tidak memprovokasi masyarakat, dan menjaga keberlanjutan kerukunan di Papua,” tegasnya.

Baca Juga |  Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Papua, Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri Menjelang Pemilu 2024

Menyadari potensi risiko, Ustad Ismail Asso juga menyoroti peran aparat keamanan, baik Polda Papua maupun Polres di seluruh kabupaten, dan mendukung keterlibatan TNI dalam menjaga ketertiban. Ia berharap kerja sama antara kepolisian, TNI, dan tokoh adat dapat menjaga Papua dari konflik horizontal.

“Kami juga menegaskan bahwa pemilihan pemimpin harus didasarkan pada kualitas dan kemampuan pemimpin tersebut untuk memperjuangkan keadilan, pemerataan, dan kesejahteraan rakyat, bukan karena motif pribadi yang dapat memicu ketegangan di masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga |  Polri Akan Gelar Operasi Mantap Brata Amankan Pemilu 2024, Cooling System Jadi Salah Satu Strategi

Mengakhiri tanggapannya, Ustad Ismail Asso menyatakan, menjaga kedamaian dan keselamatan masyarakat Papua selama Pemilu adalah tanggung jawab bersama aparat keamanan, tokoh adat, dan seluruh komponen masyarakat.

(Penulis : Humas Polda Papua Editor : Sianturi)

  • Bagikan