Menumbuhkan Minat Baca dan Literasi Perpustakaan Adakan Pelayanan Gratis

  • Bagikan
Suasana hening perpustakaan dan arsip daerah Kabupaten Mimika. (Foto: Itha/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika, memberikan pelayanan dan fasilitas gratis yang dibuka untuk umum dari berbagai kalangan, demi menumbuhkan minat baca serta literasi atau pengetahuan kepada masyarakat yang berkunjung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Mimika Dantje Nere, SSos MSi ,mengatakan, untuk pelayanan umum kepada warga masyarakat Timika, Perpustakaan Daerah dibuka dari Hari Senin sampai Sabtu, pagi jam 8 sampai dengan jam 3 sore. Hal itu dijelaskan Dantje kepada Antarpapua.com, di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Mimika, Jalan Hasanuddin Timika Papua, Kamis, (01/02/2024).

“Kalau untuk minat baca di perpustakaan ini sudah mulai meningkat, walaupun informasi tentang pelayanan ini belum banyak masyarakat yang tahu, bahwa di perpustakaan ini mulai dari pelayanan hingga fasilitasnya gratis dan dibuka untuk umum,” ujar Dantje.

Perpustaakaan dijelaskannya, dibuka untuk umum dari segala usia mulai dari TK hingga yang sudah lansia pun siap dilayani dengan fasilitas yang sudah tersedia.

Baca Juga |  Soal Renovasi Gedung Perpustakaan Daerah, Dewan Tidak Setuju

“Untuk TK dan PAUD kami sudah menyiapkan buku gambar pensil warna dan segala peralatan untuk belajar,” ujarnya lagi.

Perpustakaan Daerah juga dikatakan Dantje, menyediakan komputer dan internet dan semua itu gratis. Di Tahun 2024 ini pihaknya mencoba untuk membuka inklusif tentang Bahasa Inggris bagi pelajar. Untuk dana masih memakai dana APBD umum.

Menurutnya, yang sering datang berkunjung ke perpustakaan daerah untuk membaca, kebanyakan pelajar TK, SD, SMP dan SMA sedangkan orang tua belum ada.

“Perbandingan untuk minat baca, kalau saat sepi itu jelang hari raya dan yang paling banyak itu saat menjelang ujian, itu banyak pelajar yang diarahkan dari sekolah untuk membaca dan mencari informasi di perpustakaan ini,” terangnya.

Kegiatan sosialisasi terkait yang berhubungan dengan informasi perpustakaan ini sambungnya, dibuat tahun lalu untuk pendekatan kepada masyarakat di pedalaman.

“Bukan hanya itu, kami juga adakan kunjungan ke sekolah-sekolah. Harapan dari kami kepada masyarakat Mimika, apa yang kita siapkan di sini itu berhubungan dengan kecerdasan, jadi kita berharap apa yang disediakan oleh pemerintah, bisa dimanfaatkan bagi masyarakat karena semua pelayanan serta fasilitas di sini gratis,”tuturnya.

Baca Juga |  Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Siapkan Perpustakaan Digital

Dia juga berharap kedepannya pemerintah bisa memfasilitasi OPD untuk melakukan pelayanan publik keseluruhan lapisan masyarakat yang belum terjangkau dari sisi literasi.

“Dan mudah-mudahan lewat media ini juga dapat menginformasikan kepada seluruh masyarakat Mimika, agar berkunjung ke perpustakaan daerah Mimika karena semua pelayanan serta fasilitas dibuka untuk umum dan semuanya gratis,” jelasnya.

(Penulis : Itha | Editor : Sianturi)

  • Bagikan