Pasar SP 4 Mulai dibuka, Kadistrik : Lapak Dalam Gedung Hanya ditempati OAP, Pendatang di Pinggir!!!

Antar Papua
Suasana Pasar di Wilayah Satuan Pemukiman (SP) 4 Kelurahan Wonosari Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Provinsi Tengah. (Foto: Anis/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Gedung pasar di Wilayah Satuan Pemukiman (SP) 4 Kelurahan Wonosari Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah dibuka kembali setelah sekian waktu tidak difungsikan.

Lokasi pasar yang berada di Jalan Yosudarso tepatnya disebelah kiri jalan dari arah Kota Timika – Poumako itu mulai ramai dipadati warga baik itu pedagang maupun pembeli usai dibuka kembali oleh Pemerintah Distrik Wania bersama tim, pada Minggu (19/5/2024) pagi.

Kepala Distrik Wania, Matius Sedan mengatakan, Sebagai komitmen kita bahwa pasar mama mama ini harus dibuka kembali, setelah sekian lama tidak difungsikan.

“Pada pagi hari ini kita punya komitmen bahwa pasar mama mama ini harus kita buka kembali dan diharapkan agar semua pedagang masuk untuk berjualan di dalam gedung pasar yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah. Ini juga bagian dari usaha untuk menumbuhkan perekonomian di wilayah setempat agar semakin maju,ungkap Matius Sedan pada Antarpapua.com saat ditemui di lokasi pasar SP 4, Kelurahan Wonosari Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Minggu (9/5/2024).

Selain itu, Kata Matius, Gedung pasar ini kalau tidak difungsikan, nanti mubasir, karena sudah dibangun oleh pemerintah daerah,sehingga pihaknya berkolaborasi bersama tim untuk menghidupkan kembali pasar tersebut.

Kata Sedan, Kedepan, pasar ini kita akan buat permanen dan ditata lebih lebih baik lagi agar mampu memikat hati para membeli untuk berbondong bondong datang belanja di pasar SP 4.

Baca Juga |  Gedung Pasar SP 4 Segera Digunakan

“Pasar ini khusus untuk mama mama papua atau Orang Asli Papua, sehingga lapak lapak yang sudah disediakan di dalam gedung hanya ditempati Mama mama papua, sedangkan di sampaing kiri kanan kita dorong warga pendatang untuk menjual barang dagangan,” sebut Sedan.

Sementara pedagang yang berjualan di luar gedung akan disedikan tempat dengan ukuranya maksimal 1 x 2 meter per orang agar semuanya merata.

Ia juga menyampikan terima kasih kepada Kepolisian, Koramil, Disperindag, Satpol PP, kelurahan terdekat seperti Kamoro Jaya dan Wonosari Jaya yang sudah terlibat untuk membantu sehingga pasar ini dibuka kembali.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Petrus Pali Amba mengapresiasi kepada Pemerintah Distrik Wania yang mana memulai menggunakan prasarana gedung pasar ini agar bisa digunkan oleh pedagang di wilayah SP 4.

“Sebelumnya pasar ini tidak difungsikan, jadi berkat kerjasama beberapa OPD terkait untuk sama sama membicarakan terkait dengan pasar ini supaya difungsikan.Syukur di hari ini, para pedagang sudah bisa diarahkan masuk dalam gedung untuk berjualan. Dan pasar ini akan dijadikan permanen untuk para pedagang yang akan menjual barang dagangannya,” ungkap Petrus Pali Amba.

Dikatakan Petrus, Sekalipun ini pasar mama mama tapi kita kolaborasikan dengan para pedagang lainnya, baik itu pedagang ikan, pakaian dan lainnya dengan tujuan supaya menjadi daya tarik masyarakat untuk datang belanja, jadi tidak hanya belanja sayur saja tetapi kebutuhan lainnya juga bisa belanja di sini.

Baca Juga |  PARADE FOTO Distrik Wania Buktikan Arahan Bupati Tangani Sampah

Dijelaskan Petrus bahwa, Pasar yang ada di Wilayah Distrik itu pihakanya
menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah distrik setempat untuk mengelola karena mereka yang tau persis terkait pedagang pedagang yang ada di wilayah tersebut dan juga bisa mensosialisasikan kepada masyarakatnya supaya tiap pasar yang di bangun di distrik itu dapat di operasi dengan baik.

“Tentunya dengan kehadiran pasar ini pasti ada perputaran perekonomian di wilayah setempat, jadi tujuannya mensejahterahkan pedagang setempat dan memudahkan masyarakat setempat untuk berbelanja,” pungkasnya.

Selain itu, ia juga berharap Pemerintah Distrik Mimika Timur untuk memfungsikan dan menghidupkan kembali Pasar Mapurujaya di Distrik Mimika Timur. (Anis)