Pelita Jaya Maju ke Final Basketball Champions League Asia 2024, Siap Hadapi Tujuh Raksasa Asia

Antar Papua
(Sumber Foto: Antara)

Antarpapua.com – Pelita Jaya, klub basket Indonesia, berhasil menembus babak final Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 setelah melewati dua babak kualifikasi yang berlangsung di Mongolia dan Jakarta. Tim ini akan bertanding di Dubai, Uni Emirat Arab, dari tanggal 9 hingga 15 Juni 2024, bersama tujuh perwakilan negara Asia lainnya.

BCL Asia 2024, yang sebelumnya dikenal sebagai FIBA Asia Champions Cup, merupakan kompetisi klub basket profesional tingkat tertinggi di Asia. Berdasarkan hasil undian FIBA, Pelita Jaya tergabung dalam grup B untuk babak penyisihan. Mereka akan menghadapi juara nasional Jepang 2024, Hiroshima Dragonflies pada 9 Juni; peringkat ketiga WASL dari Iran, Shahrdari Gorgan pada 10 Juni; dan juara nasional Korea 2024, KCC Egis pada 12 Juni mendatang.

Kapten tim Pelita Jaya, Andakara Prastawa, mengakui beratnya tantangan yang akan dihadapi, namun tetap optimis. Ia mengatakan, Walaupun di sini mereka tidak diunggulkan, tapi mereka akan berusaha bermain sebaik mungkin dan kembali ke Jakarta dengan sehat dan selamat. Sabtu, (8/6/2024).

Baca Juga |  5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Salah satu pemain Pelita Jaya, Arighi, juga membagikan persiapannya. Ia mengungkapkan bahwa dia mempersiapkan mental dan fisik, sehingga lebih siap karena sudah masuk level Asia top eight. Mereka bermain seperti Pelita Jaya dan memaksimalkan yang ada. Ia pun mengucapkan terima kasih untuk PJ Holic dan pecinta basket Indonesia yang sudah mendukung Pelita Jaya sampai di BCL Asia. Tak hanya itu, Ia pun memohon doanya agar mereka bisa kasih yang terbaik.

Kompetisi ini akan menjadi ajang pertemuan para atlet basket ternama di Asia dan dunia. Saat ini, Indonesia berada di peringkat 75 FIBA Ranking, sementara lawan-lawannya seperti Jepang di peringkat 26, Iran di peringkat 27, Korea di peringkat 50, dan Tiongkok di peringkat 29, menunjukkan tantangan berat yang akan dihadapi Pelita Jaya.

Perjalanan Pelita Jaya menuju final BCL Asia 2024 tidaklah mudah. Selain harus bermain di liga nasional IBL, mereka juga harus membagi waktu untuk persiapan pertandingan BCL Asia. Kegigihan mereka di dua ronde sebelumnya menjadi kunci keberhasilan. Di Mongolia, Pelita Jaya berhasil menaklukkan juara Mongolia, Ulaanbaatar Xac Broncos dengan skor 89-83, dan mengalahkan juara nasional Singapura 2023, Adroit Club dengan skor 82-64. Selanjutnya, mereka juga mengalahkan Hi-Tech Basketball Club dari Thailand, yang sudah empat kali menjadi juara nasional dan dua kali juara Asean Basketball League, dengan skor 99-81.

Baca Juga |  Jarang Ada Event Olahraga Pasca PON XX, Bagaimana Kondisi Fasilitas dan SDM Mimika?

Dengan persiapan matang dan semangat tinggi, Pelita Jaya siap memberikan yang terbaik di BCL Asia 2024 dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (*)