Penanganan ASF di Mimika Harus Cepat, Serius dan Hati-hati

  • Bagikan

Timika, Antapapua.com – Wabah virus African Swine Fever (ASF) yang saat ini menyerang ternak babi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah harus ditangani secara, cepat, serius dan hati-hati.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Fraksi Gerindra DPRD Mimika, Nurman Karupukaro usai mengikuti rapat koordinasi bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika di Timika, Kamis (1/2/2023).

“Kasus ini pertama kali di Timika sehingga perlu penanganan yang serius dan hati-hati,” kata Nurman.

Ia menegaskan, wabah ASF ini semakin meresahkan peternak babi di Mimika, sehingga tidak bisa ditangani oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sendiri, maka sangat penting untuk dibentuk Satuan Tugas (Satgas), yang melibatkan beberapa instansi lintas sektor agar bergerak lebih cepat menangani virus ini.

“Kita sekarang dengan wabah ini saran dan usulan dari DPRD langsung, ibu kadis membentuk Satgas supaya cepat teroganisir, terpadu sehingga selesai dalam waktu dekat. Karena tanpa Satgas kerja sendiri tidak akan selesai,” kata Nurman.

Oleh karena itu dirinya mendukung langkah dinas untuk membentuk Satgas, demi menangani wabah virus ASF di Mimika.

“Kami Komisi B menyampaikan ibu tidak bisa kerja sendiri ini memerlukan orang banyak.
Karena ini merupakan wabah, kami sarankan untuk segera membentuk Satgas karena sudah ada surat edaran bupati dan sudah diperkuat UU Kesehatan sehingga sudah sepantasnya dibuatkan Satgas,” kata Nurman.

(Penulis : Marsel Balawanga | Editor : Sianturi)

  • Bagikan