Penghargaan Pin Emas Diberikan Kapolri kepada Satgas Operasi Damai Cartenz dalam Upaya Penegakan Hukum di Papua

Antar Papua
Wakapolda Papua Brigjen Pol Patrige Rudolf Renwarin, SH MSi menyematkan pin emas Kapolri kepada perwakilan Satgas Damai Cartenz di Mapolda Papua, Kamis (28/12/2023). (Foto: IST HUMAS POLDA PAPUA For Antarpapua.com)

Jayapura, Antarpapua.com– Hari Kamis (28/12/2023) menjadi momentum bersejarah di Lapangan upacara Batalyon B Satbrimob Polda Papua, Timika, dimana Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi memberikan penghargaan istimewa berupa Pin Emas kepada para Prajurit TNI dan Anggota Polri Satgas Operasi Damai Cartenz 2023.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas keberhasilan, mereka dalam menjalankan upaya penegakan hukum terhadap KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) dan KKP (Kelompok Kriminal Papua) di wilayah Papua.

Acara pemberian penghargaan tersebut diselenggarakan dengan penuh khidmat dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Wakapolda Papua Brigjen Pol Petrus Patrige Rudolf Renwari, SH MSi. sebagai Inspektur Upacara, serta beberapa pejabat utama Polda Papua dan undangan lainnya.

Pin Emas Kapolri, yang merupakan simbol apresiasi tinggi dari Kepolisian Republik Indonesia, disematkan kepada 418 Anggota Polri dan 131 prajurit TNI yang terlibat dalam operasi tersebut. Proses pemberian penghargaan ini telah melalui tahapan seleksi yang ketat, dan berdasarkan pencapaian yang signifikan dalam tugas mereka.

Dalam kesempatan ini, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Petrus Patridge Rudolf Renwarin mewakili Kapolri, menyampaikan apresiasi atas dedikasi serta keberanian para personel satgas Operasi Damai Cartenz.

Baca Juga |  Kontak Tembak Dengan KKB di Intan Jaya, Satu Tewas, Satu Terluka

“Saya mewakili Bapak Kapolri menyematkan Pin Emas Kapolri kepada personel satgas Operasi Damai Cartenz baik TNI maupun Polri. Mereka telah menunjukkan komitmen dan keberanian yang luar biasa dalam menjalankan tugas penegakkan hukum terhadap KKB di Papua,” ujar Wakapolda Papua.

Dalam rilis akhir tahun 2023, Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, SSos, SIK MH, menegaskan capaian luar biasa yang telah diraih selama tahun berjalan.

“Selama tahun 2023, penegakan hukum terhadap KKB dan KKP dilakukan sebanyak 98 kali, dengan hasil signifikan seperti penanganan hukum terhadap 33 orang KKB, pemusnahan 32 senjata api, serta penguasaan terhadap 42 titik markas KKB,” ungkap Wakapolda.

Brigjen Pol. Patridge Papua juga menyoroti pentingnya kesinambungan upaya penegakan hukum dalam persiapan menyongsong Pemilu dan Pilkada 2024.

“Polri tengah menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024 sebagai bagian dari persiapan, mengawal pesta demokrasi tersebut. Kami mengharapkan dukungan serta kolaborasi untuk memastikan suksesnya pelaksanaan Pemilu dan Pilkada di Papua,” tambahnya.

Pemberian Pin Emas Kapolri ini juga diharapkan akan memberikan dorongan bagi para anggota, untuk terus meningkatkan kinerja mereka di masa yang akan datang serta memperkuat kerja sama sinergis antara TNI dan Polri, dalam menjaga keamanan dan penegakan hukum di Papua.

Baca Juga |  Aparat Gabungan TNI-Polri Evakuasi Lima Jenazah KKB di Oksibil

“Pin Emas ini merupakan kado Natal spesial dari Kapolri kepada para personel yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam menjaga keamanan di Papua. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berprestasi dan melanjutkan perjuangan menjaga keamanan dan kedamaian di wilayah ini,” tutup Patridge.

Pemberian penghargaan ini tidak hanya sekadar simbol, namun juga menjadi cerminan atas komitmen keras TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan kedaulatan di wilayah Papua yang seringkali diwarnai oleh tantangan kompleks.

(Penulis : Humas Polda Papua Editor : Sianturi)

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News