Perangi Narkotika di Mimika, Kampung Nawaripi Kerjasama Dengan Media Gelar Sosialisasi Narkoba

Antar Papua
Foto : Suasana sosialisasi narkoba di Hotel Serayu-Timika,Kamis (30/11/2023).Foto :Marsel Balawanga/Antarpapua.com

Timika, Antarpapua.com– Pemerintah Kampung Nawaripi, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, bekerjasama dengan media tabloidbnn.com menggelar sosialisasi Kampung Bersih dari Narkoba (Bersinar) dan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Hotel Serayu, Timika, Kamis (30/11/2023).

Sosialisasi ini diikuti para kepala kampung di Mimika, LSM, Organisasi Kepemudaan (OKP), pemuda dan tokoh masyarakat.

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut Brigjen Pol Viktor Pudjiadi dari BNN Pusat, Kepala BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling, Kasat Resnarkoba Polres Mimika, perwakilan Pengadilan Negeri Timika dan akademisi.

Kepala Kampung Nawaripi yang juga panitia pelakasana kegiatan, Norman Ditubun, ketika ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu kerjasama dengan media tabloidbnn.com, dalam rangka memerangi narkoba di Kabupaten Mimika.

“Sudah berulang kali terjadi penangkapan narkoba di Kampung Nawaripi. Saya sebagai kepala Kampung Nawaripi berinisiatif untuk mencari organisasi yang resmi, untuk kerjasama untuk penanganan narkoba dan mensosialisasikan ini. Kegiatan ini berkolaborasi dengan media BNN dengan kampung Nawaripi,”kata Nurman.

Baca Juga |  Perda Bisa Jadi Solusi Masalah Lem Aibon?

Ia berharap melalui kegiataan sosialisasi ini, mampu menekan peredaraan narkotika di Kabupaten Mimika khususnya di Kampung Nawaripi.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika, Kompol Mursaling, saat ditemui di sela-sela kegiatan, memberikan apresiasi kepada Kepala Kampung Nawaripi yang telah melaksanakan kegiatan ini.

“Kami selaku kepala BNM Mimika memberikan apresiasi kepada Kepala Kampung Nawaripi. Di mana bekerjasama dengan Tabloitbnn dalam rangka pencegahan peredaran gelap narkotika,”kata Mursaling.

Mursaling mengatakan, peran serta dan keterlibatan masyarakat sangat penting dalam upaya pemberantasan narkoba di Kabupaten Mimika.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih banyak kepada BNN Pusat, yang juga telah hadir menjadi pembicara dalam kegiatan ini.

“Saya berterima kasih kepada narasumber terutama dari Jakarta, Brigjen Viktor yang telah menyampaikan beberapa informasi berkaitan dengan penyalagunaan narkotika, baik itu dampak hukum, kesehatan dan sosial terhadap masyarakat,”kata Mursaling.

Baca Juga |  BNNK Musnahkan 33 Saset Sabu Barang Bukti

Sementara itu Pemimpin Redaksi tabloidbnn.com, Magdalena Daluas mengatakan, narkoba harus menjadi musuh bersama yang harus diperangi secara bersama sama.

“Kami dari tabloidbnn.com yang bergerak dalam media, berusaha untuk mencerdaskan generasi muda bangsa, lebih jeli melihat mana yang harus diperangi dan mana yang harus dipelihara. Kita mau sehingga dari sejak dini, generasi muda ini sudah mengerti bahwa narkoba ini sangat buruk dampaknya,”kata Magdalena.