Personel Gabungan di Mimika Simulasi Latihan Sispamkota Amankan Pemilu 2024

Antar Papua
Personel Gabungan Simulasi Latihan
Tampak simulasi latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024 di Jalan Wr Soepratman, Senin (16/10/2023). (Foto: Acel/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Mimika, menggelar simulasi latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024.

Sispamkota yang digelar di Jalan WR Soepratman, Senin (16/10/2023) tersebut, dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Mimika.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, SH SIK pada kesempatan itu mengatakan, pengamanan Pemilu merupakan agenda nasional yang akan dilakukan beberpa bulan ke depan.

“Kita melaksanakan simulasi untuk kepentingan Pemilu 2024, dan saya harap apa yang sufah dilaksanakan hari ini bisa menjadi podoman dan acuaan saat melaksanakan tugas di lapangan,” kata I Gede Putra kepada Antarpapua.com.

Baca Juga |  Pasca Penyerangan KKB di Oksibil, Aktivitas Masyarakat Kembali Normal

Ia mengatakan, pesta demokarasi akan dilalui sehingga kemampuan fisik personel harus dipersiapkan secara matang, untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

“Kita harus semangat dan apa yang diberikan oleh pimpinan bisa menjadi acuan. Tolong tunjukkan yang terbaik di simulasi hari ini guna menghadapi pemulu 2024,” pungkasnya.

Ia menyebut, untuk eskalasi Pemilu 2024 di Kabupaten Mimika, saat ini relatif kondusif namun pihaknya tetap menjaga keamanan sehingga tidak-terjadi hal-hal diinginkan.

“Mimika yang sudah aman ini diharapkan dijaga dengan baik di tahun politik ini. Saya harap, peran serta semua pihak ambil bagian dalam pengamanan Pemilu nantinya,” pungkasnya.

Baca Juga |  Awali Operasi Ketupat Damai Cartenz 2022, Forkopimda Mimika Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Adapun beberapa poin yang diperagakan pada simulasi kali ini ini diantaranya, melakukan patroli, pencehan dini terkait isu berkembang, pengamanan teroris, penjinakan bom, pengamanan kantor KPU, dan masih banyak yang lain jika nantinya terjadi aksi dilakukan massa pendukung.

(Penulis : Acel | Editor : Sianturi)