Pj Bupati Mappi Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilu 2024

Antar Papua
Pj Bupati Mappi, Michael Gomar, SSTP MSi. (Foto: IST HUMAS MAPPI For Antarpapua.com)

MAPPI, Antarpapua.com – Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar, SSTP MSi menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Perhitungan Hasil perolehan Suara Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Mappi, yang berlangsung pada Kamis (29/2/2024).

Pj. Bupati Mappi mengapresiasi pihak penyelenggara, KPU Kabupaten Mappi, Bawaslu Kabupaten Mappi, Para Anggota KPPS, TNI/Polri, serta para tokoh dan masyarakat di Kabupaten Mappi, yang telah bersinergi mendukung sukseskan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu serentak Tahun 2024.

“Semua ini karena kasih dan penyerataan dari Tuhan. Saya menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Mappi yang telah menyukseskan segala tahapan pelaksanaan Pemilu yang mana semua berjalan dengan baik. Begitu juga dengan ketua Bawaslu bersama para komisioner, sehingga seluruh kegiatan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 bisa berjalan dengan baik,”ungkapnya.

Dikatakan Pj. Bupati bahwa tahapan ini tentunya tidak hanya sampai hari ini. Tetapi akan berlanjut terus sampai Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perhitungan Duara Ditingkat Provinsi Papua Selatan.

Pj Bupati menyebutkan, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Mappi, bahwa jumlah surat suara di Kabupaten Mappi sebanyak 82.218 yang tersebar di 359 TPS dengan jumlah kotak suara mencapai 1.795 kotak suara. Semua tahapan tersebut sudah dilaksanakan oleh penyelenggara mulai dari tingkat kampung, distrik hingga kabupaten. Sehingga bisa dilaksanakan rapat pleno terbuka di tingkat kabupaten.

Pj Bupati menuturkan,proses tahapan ini membutuhkan kerja keras, komitmen dan waktu yang cukup tersita.

Baca Juga |  Pj Bupati Mappi Launching Pengimbasan Metode Gasing Untuk 164 SD di Distrik dan Kampung

“Saya juga mengapresiasi atas semangat dan kerja keras dari anggota KPPS dan PPD, yang telah menyukseskan tahapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Mappi. Sehingga saat ini kita bisa sampai pada tahapan rapat pleno terbuka ditingkat Kabupaten. Atasnama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih dan sebagai mana laporan dari Kapolres bersama jajaran, Dandim bersama jajaran, Danyon S’imbisa bersama jajaran bahwa Kamtibmas di Kabupaten Mappi sampai saat ini masih sangat kondusif,”tuturnya.

Pj Bupati Mappi menyebutkan atasnama pemerintah daerah sekali lagi pihaknya menyampaikan profisiat dan apresiasi kepada pihak penyelenggara, KPU, Bawaslu, pimpinan Partai Politik, para saksi dan secara khusus kepada TNI-Polri yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu serentak khususnya dalam menjaga kamtibmas yang tetap aman dan kondusif.

Pj Bupati menerangkan, pada pesta demokrasi seperti ini, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Dinamika yang terjadi ini, mari kita sikapi dengan baik. Sehingga tidak menimbulkan tindakan-tindakan yang negatif. Mari kita memberikan sosialisasi, edukasi politik yang baik kepada warga masyarakat. Sehingga edukasi politik ini dapat berkelanjutan, karena beberapa bulan ke depan masih ada pelaksanaan Pilkada serentak. Sehingga kolaborasi yang baik ini terus terjaga dengan baik sampai pada pesta demokrasi Pilkada serentak mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Mappi, Yati Enoch dalam sambutannya mengatakan perjalanan rekapitulasi ini mulai dari tingkat TPS dan dan saat ini sampai di tingkat Kabupaten.

Baca Juga |  33 Orang Peserta Wisata Rohani di Lepas oleh Pj. Bupati Mappi

Dikatakan Yati bahwa, semua hasil dari Pemilu serentak tahun 2024 ini menjadi tanggungjawab penyelenggara Pemilu.

Yati menuturkan, berdasarkan DPT di KPU Kabupaten Mappi bahwa terdapat 80.440 surat suara yang kemudian ditambah 2 persen, sehingga total surat suara yang tersebar di 15 Distrik di Kabupaten Mappi sebanyak 82.218 surat suara.

Yati menuturkan, dalam tahapan pelaksanaan memang ada berapa kendala teknis, namun dirinya mengakui hal itu dikarenakan pelaksanaan Bimtek para anggota KPPS yang dilakukan hanya satu kali saja, sehingga saat pelaksanan sedikit terkendala.

Yati menyebutkan, sampai saat ini rekapitulasi yang sudah rampung di Kabupaten Mappi berjumlah 13 distrik, dan saat ini juga masih berlangsung pleno untuk dua sistrik lainnya yakni Distrik Passue Bawah dan Distrik Obaa.

“Dalam kesempatan ini kami mengimbau dan mengajak semua saksi partai politik yang telah menjadi bagian dari penyelenggaranaan Pemilu serentak tahun 2024. Untuk dapat menyaksikan jalannya proses rekapitulasi ini,”pungkasnya.

(Penulis : *Humas Mappi | Editor : Sianturi)