Polisi Dalami Kasus Pembakaran Perumahan Nakes RSUD di Ilaga

Antar Papua
Kebakaran bangunan nakes RSUD Ilaga, Puncak, Senin (11/09/2023). (HUMAS POLDA PAPUA)

Jayapura, Antarpapua.com – Kepolisian Resor Puncak saat ini tengah mendalami kasus pembakaran bangunan Perumahan Nakes RSUD Ilaga, di Kompleks RSUD Ilaga, Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga yang terjadi pada Hari Senin tanggal 11 September 2023, sekitar pukul 12.47 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, SH SIK MKom, saat dikonfirmasi Kamis (14/09/2023), memberikan keterangan perihal peristiwa tersebut. Dirinya menyebutkan, pembakaran tersebut diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Puncak pimpinan Titus Murib.

“Peristiwa ini berawal ketika asap hitam mulai muncul dari arah RSUD Ilaga, terlihat dari Pasar Tradisional Ilaga pada pukul 12.47 WIT. Personel gabungan TNI/Polri segera merespon dengan melakukan pemantauan dari kejauhan,” tuturnya.

Baca Juga |  Wakapolda Papua Tinjau Lokasi Kebakaran Kantor KPU Yahukimo

Hasil pemantauan tersebut yang dilakukan pada pukul 12.56 WIT mengindikasikan, bahwa salah satu bangunan di Kompleks RSUD Ilaga, yaitu Perumahan Nakes, terbakar. Aparat gabungan TNI-Polri yang dipimpin oleh Letkol Inf Afri Swandi Ritonga, langsung menuju lokasi aksi pembakaran menggunakan kendaraan.

“Ketika personel tiba di TKP pada pukul 13.03 WIT, terpantau dua orang yang diduga merupakan anggota KKB Puncak, melarikan diri dari RSUD Ilaga menuju Bukit Teletubies dan selanjutnya ke Kampung Eromaga. Namun, upaya pengejaran oleh aparat keamanan belum membuahkan hasil,” ucapnya.

Kombes Benny mengatakan, akibat pembakaran ini, empat bangunan Perumahan Nakes RSUD Ilaga mengalami kerusakan parah, dengan perkiraan kerugian mencapai Rp 1 miliar.

“Kejadian ini menggambarkan eksistensi Kelompok KKB Puncak yang masih terus melakukan tindakan kekerasan dan teror, terhadap aparat keamanan, pemerintah, dan masyarakat Kabupaten Puncak,” kata Benny.

Baca Juga |  Korban Penembakan KKB di Puncak Dievakuasi ke Timika

Aparat keamanan akan melakukan pendalaman terkait aksi pembakaran bangunan RSUD Ilaga, guna mengungkap pelaku serta mengambil langkah-langkah lebih lanjut. Sebagai upaya menjaga kondusivitas, aparat gabungan juga melakukan patrol rutin di seputaran Kota Ilaga.

(Penulis : Humas Polda Papua Editor : Sianturi)