Polresta Jayapura Kota Turunkan 1.500 Personel Gabungan Amankan Prosesi Pemakaman Mantan Gubernur Papua

  • Bagikan
Kapolresta Kombes Pol Dr Victor Mackbon. (Foto: IST HUMAS POLDA PAPUA For Antarpapua.com)

Jayapura, Antarpapua.com– Kesiapan Polresta Jayapura Kota dan jajaran terkait dengan menyambut dan mengawal serta memberikan pengamanan terhadap jenazah Mantan Gubernur Papua Almarhum Bapak Lukas Enembe, SIP MH, sebanyak 1.500 personel Gabungan diturunkan.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, SH SIK MH MSi ketika dikonfirmasi di Jayapura, Rabu (27/12/2023) siang.

Kapolresta menerangkan, hasil komunikasi terakhir jenazah Almarhum akan tiba pukul 09.00 WIT, dan akan disemayamkan di daerah Stakin Sentani dan dimakamkan di Koya Tengah, Distrik Muara Tami pada Kamis (28/12/2023).

“Dari sana jenazah Almarhum akan dibawa ke Koya Tengah di kediamannya, yang mana kami juga akan melakukan pengamanan agar prosesi dapat berjalan dengan khidmat, baik dan juga tertib,” ujarnya.

Baca Juga |  Kabid Humas: Kami Akan Mendalami Dugaan Kasus Penembakan Terhadap Seorang Wanita di Pegunungan Papua

Kombes Pol Mackbon juga menuturkan, pihaknya melibatkan kurang lebih 1.500 personel gabungan, dimana nanti akan memberikan pengawalan dan pengamanan route menuju ke Koya Tengah bisa berjalan dengan baik.

Pihaknya juga terus membangun komunikasi dengan instansi terkait, karena nanti sistem pengamanan akan berubah tergantung dari pada situasi kondisi rangkaian tahapan kegiatan prosesi pemakaman tersebut.

Kapolresta menambahkan, pihaknya membutuhkan dukungan dan peran serta dari para tokoh yang ada di papua tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat juga untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat dalam rangka menyampaikan bela sungkawa bisa berjalan dengan tertib dengan menghentikan segala aktifitas untuk menghormati jasa Almarhum.

“Tentunya ini menjadi rasa duka cita kita semua masyarakat papua terhadap almarhum. Jadi pastinya akan banyak masyarakat yang akan menyambut almarhum dalam penjemputan di Bandara Sentani hingga ke peristirahatan terakhir di kediaman almarhum di Koya Tengah,” kata Kapolresta.

Baca Juga |  Polres Puncak Kejar Pelaku Penembakan Terhadap Seorang Warga di Kampung Kago, Kabupaten Puncak

“Kita berharap tidak ada penumpukan di sepanjang jalan dengan waktu yang cukup lama. Jadi kami mengimbau kepada warga masyarakat agar aktivitas juga bisa dihentikan sementara untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum,” pungkasnya.

(Penulis : Humas Polda Papua | Editor : Sianturi)

  • Bagikan