Puskesmas Pasar Sentral Tangani Secara Intensif 11 Kasus Penyakit Kusta

Antar Papua - Tak Berkategori
  • Bagikan
Kepala tata usaha ( KTU ) Puskesmas Pasar Sentral Timika / Nelly Pangaribuan

Timika, antarpapuanews.com – Puskesmas Pasar Sentral, saat ini menangani sebanyak 11 kasus penyakit kusta di bulan Agustus sampai September 2020.

Kepala tata usaha ( KTU ) Puskesmas Pasar Sentral Timika Nelly Pangaribuan ditemui wartawan, senin (21/09) menjelaskan, penyakit kusta merupakan penyakit yang menular sama serti penyakit TB, dan di tahun 2020 ini Puskesmas Pasar center menangani 11 kasus penyakit kusta.

Nelly menambahkan, untuk penanganan pasien kusta ini dilakukan secara khusus dan tidak digabungkan dengan pasien lainnya. Ada tim medis khusus yang menangani pasien kusta tersebut.

Baca Juga |  215 Mahasiswa D - III Kebidanan dari Empat Kabupaten Terima Yudisium Secara Virtual

“Tujuan penanganan khusus pasien kusta adalah agar mereka jangan mengantri terlalu lama, supaya mereka cepat mendapatkan pengobatan. Selain itu juga ada kebijakan khusus untuk para pasien kusta,” ungkap Nelly.

Nelly juga mengatakan, program nasional terkait penanganan penyakit kusta sudah ada sejak dulu hingga saat ini. Untuk itu, pengobatan kepada 11 pasien ini dilakukan secara rutin oleh petugas medis.

“Cara penanganan penyakit kusta di Puskesmas Pasar Sentral itu secara khusus, dan mereka para pasien penyakit kusta hanya rawat jalan setelah medis memberikan pengobatan dan mereka selalu diawasi oleh paramedis di kediaman mereka sendiri,” ujarnya.

Baca Juga |  Kemenkes Laksanakan Vaksinasi Booster ke-2 Bagi Nakes, Kadinkes Mimika: Kami Masih Menunggu Juknis

Lebih lanjut Nelly menjelaskan, untuk pencegahan penyakit kusta, kamar harus memiliki ventilasi udara. Tempat tidur harus sering dijemur di panas matahari agar kuman mati,” ujar Nelly.(Dedi)

  • Bagikan