Ramah Tamah Dengan Eksekutif dan Legislatif Mimika, Pj Gubernur PPT Harap APBD 2024 Ditetapkan Hari ini

Antar Papua
Foto bersama Pj Gubernur Provinisi Papua Tengah, Ribka Haluk, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Ketua DPRD Mimika Anton Bukaleng, Sekda Robert Mayaut dan Anggota DPRD Mimika bersama Forkopimda Provinsi Papua Tengah dan Kabupaten Mimika. (Foto: Anis/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Tengah, Ribka Haluk berharap Eksekutif dan Legislatif Kabupaten Mimika untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2024 pada Rabu (17/1/2025) hari ini.

Permintaan ini disampaikan Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk dalam kegiatan Ramah Tamah ‘Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah Bersama Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, DPRD Dan Forkopimda Kabupaten Mimika, yang berlangsung di Hotel Horizon Diana Timika, Selasa (16/1/2024) malam.

Ia menegaskan, alasan kehadirannya ke Timika untuk menyelesaikan dua persoalan, yaitu soal ASN dan belum ditetapkannya APBD Kabupaten Mimika tahun anggaran 2024.

“Penetapan APBD Mimika tahun 2024 belum terselesaikan, karena masih terjadi misskomunikasi antara eksekutif dan legislatif, ada beberapa hal yang harus jadi atensi dan konsekuensi akibat keterlambatan penetapan APBD 2024. Saya sebagai Gubernur sebagai perpanjangan pemerintah pusat ditugaskan sebagai fasilitator untuk menyelesaikan persoalan ini, kita harus selesaikan hal ini dalam waktu sesingkat singkatnya dan lebih cepat lebih baik,”tegas Ribka.

Pj Gubernur berharap kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Mimika, bersama Bupati dan Sekda menyelesaikan secara intern.

Baca Juga |  Bendera Merah Putih Jahitan Tangan Ribka Haluk Akan Dikibarkan Saat Peringatan Detik-Detik Proklamasi

“Ada hal yang penting tentang penetapan APBD 2024 mengingat ada agenda nasional yaitu Pemilu Serentak pada 14 Februari mendatang. Karena itu pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri memerintahkan Pj Gubernur untuk satu atau dua hari, menyelesaikan APBD 2024 yang belum sidang penetapan. Bila terjadi keterlambatan penetapan maka konsekuensinya bisa mengganggu seluruh agenda proses Pemilu dan kegiatan program pemerintah lainnya,”kata Ribka Haluk.

Lebih lanjut kata Pj Gubernur, kepada ketua dan seluruh anggota DPRD yang juga akan mengakhiri masa tugasnya harus dengan ending yang baik, sebab harus kita apresiasi bahwa saat memulai tugas sebagai anggota DPRD Mimika, sudah dengan awal yang baik sehingga di akhir masa tugasnya juga harus dengan baik.

“Memasuki injury time ini legislatif dan eksekutif harus duduk bersama untuk kepentingan umum, harus diakui pihak legislatif sudah banyak perubahan dan kemajuan yang sudah dikerjakan. DPRD sudah memulai dengan baik sehingga endingnya juga harus baik, “pintanya.

Dirinya berharap ada kata sepaham antara Eksekutif dan Legislatif untuk Rabu (17/1/2024) hari ini DPRD menggelar Paripurna II Masa Sidang I pembahasan APBD 2024 hingga penetapan dan pengesahannya.

Baca Juga |  Valentinus Sudirjanto Sumito Resmi Jabat Pj Bupati Mimika

“Saya berharap besok ada paripurna dan langsung ada penetapan dan saya akan hadir. Tatib DPRD harus berjalan normal. Saya sudah ikuti semua hanya ada sedikit misskomunikasi sehingga pelaksaan sidang dan terhenti sementara. Selesai kegiatan ini Bupati, Sekda dan DPRD duduk bersama satukan persepsi untuk lanjutkan dan tetapkan APBD 2024 besok, apapun alasannya,”tegas Pj Gubernur.

Menindak lanjuti permintaan Pj Provinsi Papua Tengah, Ribka Haluk, usai ramah tamah digelar pertemuan tertutup antara Pimpinan dan anggota DPRD dengan Bupati Eltinus Omaleng dan Sekda, didampingi Pj Gubernur Ribka Haluk.

Hingga berita ini dikirim, Pertemuan masih berlangsung.

(Penulis : Anis | Editor : Sianturi)