Raperda Tentang Perusahaan Daerah Tak Berhubungan Dengan Dana 7 persen

  • Bagikan
Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng saat ditemui oleh wartawan usai menghadiri rapat pembukaan Paripurna, di Ruang Paripurna, Gedung DPRD Mimika, Jumat (9/10)
Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng saat ditemui oleh wartawan usai menghadiri rapat pembukaan Paripurna, di Ruang Paripurna, Gedung DPRD Mimika, Jumat (9/10)

Timika, antarpapuanews.com – Bupati Mimika, Eltinus Omaleng pada Jumat menegaskan bahwa Raperda yang sedang di bahas oleh Pemerintah Kabupaten Mimika, tidak berhubungan dengan dana investasi saham 7 persen.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati dalam Pembukaan Rapat Paripurna 1 Sidang III DPRD Kabupaten Mimika tentang Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Non APBD Kabupaten Mimika Tahun 2020 yang digelar di Gedung Paripurna Mimika jalan Cendrawasih Sp2. Jumat (9/10).

Ia menyebut perusahaan daerah yang direncanakan akan dibangun di Jayapura tersebut tidak menggunakan saham 7 persen yang diperuntukkan bagi Kabupaten Mimika.

Baca Juga |  FKUB, FPK, dan FKDM Dinilai Efektif Tekan Konflik di Mimika

“Perusahaan yang kami (Pemkab) akan bentuk ini, tidak ada hubungan dengan saham 7 persen itu. Perusahaan ini dibangun untuk menjamin aset-aset yang dimiliki oleh daerah, contohnya helikopter milik Pemkab Mimika yang tidak pernah beroperasi, karena tidak ada perusahaan daerah untuk menjamin itu. Selain itu banyak aset-aset daerah lainnya yang tidak berfungsi secara baik,” tegasnya.

Menurut Bupati, adanya perusahaan daerah akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebenarnya perusahaan yang dirancang oleh Pemkab tersebut sudah dibangun pada tahun lalu, namun belum terlaksana.

Baca Juga |  Gelar Rapat Paripurna ke III, Ini Jawaban Pemkab Terhadap Pandangan Umum 6 Fraksi

Bupati pun meminta kepada DPRD sebagai wakil rakyat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait saham itu, agar tidak terjadi salah paham. (Eye)

  • Bagikan